LSI: Prabowo-Sandiaga Disukai Pengguna Instagram dan Twitter


prabowo-menunggang-kuda-saat-kampanye-akbar-di-gbk-kiki-budi-hartawan-1
Elektabilitas Prabowo-Sandiaga mencapai 42 persen di kalangan pengguna Instagram dan 40 persen bagi pengguna Twitter.

Secara keseluruhan, Jokowi-Ma’ruf tetap unggul di kalangan pengguna media sosial.

AKTUALITAS.ID – Pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berhasil mengungguli elektabilitas pasangan pejawat, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, di kalangan pengguna media sosial Instagram dan Twitter. Dari tiga media sosial terpopuler, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf hanya unggul di kalangan pengguna Facebook. 

Berdasarkan survei LSI, elektabilitas Prabowo-Sandiaga mencapai 42 persen di kalangan pengguna Instagram dan 40 persen bagi pengguna Twitter. Sementara pasangan Jokowi-Ma’ruf hanya mendapat elektabilitas 40,9 persen di Instagram dan 34,4 persen di Twitter.

“Di kategori pengguna Facebook, Jokowi-Ma’ruf unggul dibandingkan Prabowo-Sandiaga dengan elektabilitas 41,6 persen berbanding 39,4 persen,” kata Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Meski Prabowo-Sandiaga unggul di dua platform media sosial, pasangan pejawat masih unggul secara keseluruhan di kalangan pengguna media sosial. Ia menyebutkan, masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial berkisar 28,5 persen, sedangkan 71,5 persen menyatakan tidak menggunakan media sosial.

Ads Aktualitas

Dari angka pengguna media sosial di atas, ia melanjutkan, pengguna Facebook memiliki basis massa 28 persen, sedangkan pengguna Instagram hanya 16,1 persen dan Twitter 6,4 persen. Karena itu, Ardian mengatakan, jika pengguna Instagram dan Twitter digabungkan, jumlahnya masih belum menyamai pengguna Facebook.

Selain itu, secara keseluruhan, Jokowi-Ma’ruf meraih elektabilitas 48,3 persen di kalangan pengguna media sosial. Prabowo-Sandiaga hanya memperoleh 39,5 persen.

Sementara 12,2 persen pengguna media sosial masih belum menentukan pilihan. “Di kalangan pengguna media sosial, selisih Jokowi dengan Prabowo-Sandiaga lebih tipis,” kata dia. (republika.co.id)

Ads Aktualitas