Jadi Cawapres Jokowi, Kiai Ma’ruf Dituding Khianati Fatwa yang Dibuatnya


Bakal calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin di Rumah KMA, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (16/9/2018) (Foto republika.co.id)

AKTUALITAS.ID – Juru Bicara Persaudaraan Alumni 212 Habib Novel Bamukmin menyebut KH Ma’ruf Amin seperti menabrak semua fatwa dan aturan yang dibuatnya sendiri. Hal ini terlihat dari ucapan dirinya sendiri soal dukungan ulama beneran.

Menurut Novel, salah satu sikapnya karena memilih merapat ke kubu Joko Widodo, padahal kebijakan Ma’ruf saat di MUI kerap mengkritik pemerintah.

“Mereka masuk ke 212, karena ulama di Ijtima ulama yang istiqomah yang setia menjaga Islam. Justru Ma’ruf Amin yang tandatangani malah menabrak semuanya. Kan ada fatwa GNPF MUI. Kami tandatangani soal Fatwa MUI soal haram memilih pemimpin yang ingkar janji,” kata Novel di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Novel melanjutkan, kepribadian Ma’ruf berubah setelah dia terjun ke Politik.

“Ia mementingkan syahwat politiknya demi agamanya. Dia melebihi syahwat agama demi nafusnya. Dia mempertontonkan dirinya sendiri daripada Ma’ruf Amin. Dia memukul air kena wajahnya sendiri,” papar Novel.

Novel menduga, Ma’ruf berubah karena terlalu dekat ke penguasa.

“Sehingga kemampuanya untuk mengkritisi menurun dan tak lagi berani membela yang lemah,” pungkasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>