KNKT Jelaskan Perjuangan Pilot-Co Pilot Stabilkan Lion Air


AKTUALITAS.ID – Ketua Subkomite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, menjelaskan perjuangan pilot dan co-pilot Lion Air PK-LQP mempertahankan keberadaan pesawat. Beberapa percakapan sempat terjadi antara pilot dan co-pilot dengan petugas Air Traffic Controller (ATC).

“Pada saat penerbangan co-pilot bertanya pada air traffic controller mengenai ketinggian pesawat yang terlihat di radar. Saat itu dijawab ketinggian 900 kaki,” kata Nurcahyo, dalam konferensi pers di Kantor KNKT, Jakarta Pusat, Rabu (28/11).

Nurcahyo melanjutkan, pilot menyampaikan kepada petugas bahwa ketinggian pesawat tidak bisa dipertahankan karena instrumen di pesawat menunjukkan angka yang berbeda-beda. “Dia minta pada controller untuk menutup ketinggian 3.000 di atas dan 3.000 di bawah pesawat untuk menghindari adanya kemungkinan tabrakan di udara,” kata dia.

Tidak lama kemudian, pilot menanyakan kecepatan. Pilot juga menyampaikan mereka mengalami masalah kendali atau flight control problem. Selanjutnya, pilot menaikkan flaps (sirip sayap) pesawat.

Setelah flaps dinaikan, FDR merekam adanya pergerakan menuju ke bawah. Terekam juga pergerakan aircraft nose up atah pesawat naik dalam hal ini dilakukan oleh pilot merespon pergerakan ke bawah tadi.

“Flight diturunkan lagi dan pergerakan aircraft nose down dan aircraft nose up berhenti. Kira-kira pada jam 23.25 UTC detik ke-18 menurut catatan FDR, flaps dinaikan lagi ke 0 dan pergerakan antara aircraft nose down dan aircraft nose up berlangsung lagi sampai akhir rekaman penerbangan,” kata Nurcahyo menjelaskan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>