Jalur Lintas Sumatera di Lahat Amblas Akibat Hujan Lebat


AKTUALITAS.ID – Bencana longsor kembali terjadi, kali ini terjadi di Kabupaten Lahat , Provinsi Sumatera Selatan . Akses jalur lintas Sumatera dari Kabupaten Lahat menuju Kota Pagaralam tepatnya di Desa Jati, Kecamatan Pulau Pinang amblas dan putus total.

Kejadian itu diduga akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Lahat pada Jumat malam hingga Sabtu (2/2/2019) dini hari.

Akibat kejadian itu, jalan selebar kurang dari enam meter tersebut longsor. Material amblas ke aliran sungai Lematang yang berada tepat di samping jalan. Tak hanya itu, akibat amblasnya jalan, meninggalkan lubang sedalam kurang lebih 10 meter. Akibatnya, akses lalu lintas dari Lahat menuju Pagaralam atau sebaliknya lumpuh total.

Dari informasi, peristiwa ini terjadi Sabtu (02/02/2019) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Beruntung, saat longsor terjadi, tidak ada satupun kendaraan yang melintas.

Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan, warga yang menuju Kota Pagaralam maupun Lahat bisa menggunakan jalur alternatif via Talang Sawah.

“Upaya pengalihan lewat alternatif ini dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan yang ingin melintas dan jangan sampai pengendara salah jalan,” ujar Cik Ujang.

Tak hanya itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Besar di Palembang untuk mengatasi jalan yang amblas itu.

“Saat ini mereka (pihak Balai Besar) sedang dalam perjalanan menuju lokasi, untuk sementara kita buatkan jalan alternatif di sekitar lokasi yang bisa dilalui kendaraan bermotor atau roda dua,” imbuh dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>