Ini Penyebabnya Elektabilitas Jokowi Turun di Litbang Kompas


Presiden RI Joko Widodo/AKTUALITAS.ID/ Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Survei yang digelar Litbang Kompas menunjukkan, elektabilitas pasangan capres cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul dibandingkan pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno.

Diketahui, survei terbaru Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Jokowi Ma’ruf berada di angka 49,2 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 37,4 persen.

Peneliti Litbang Kompas, Toto Suryaningtyas mengatakan ada beberapa penyebab turunnya elektabilitas Jokowi meski masih unggul dibanding Jokowi, yaitu kuatnya militansi pemilih baru untuk beralih ke Prabowo.

“Jadi survei kemarin itu juga mengejutkan. Di mana elektabilitas Jokowi menurun,” kata Toto di acara diskusi “Persaingan makin ketat, siapa selamat siapa blunder”, di Cafe Kanorai, Jakarta Pusat, Senin, 25 Maret 2019.

Survei yang digelar di 34 Provinsi dengan melibatkan 2.000 responden memang ada penurun suara Jokowi. Namun, kata Toto, sewaktu- waktu angka survei tersebut bisa berubah.

“Dari angka kualitatif kalah narasi. Kubu Jokowi ini kalah narasi sama kubu Prabowo,” imbuhnya.

“Tapi kita ini kan bukan lembaga survei tapi kita media. Makanya di lembaga survei lain bisa saja itu berubah,” tandasnya. (Yogo)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>