Jokowi: Tidak Bersyukur Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen Itu Kufur Nikmat


Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyapa ribuan pendukungnya saat kampanye di Kota Probolinggo, Jawa Timur,  Rabu (10/4/2019). Dalam kampanye tersebut Jokowi memperkenalkan tiga kartu sakitnya kepada masyarakat dan juga berpesan agar perbedaan pilihan politik tidak menjadikan bangsa ini pecah. [Kiki Budi Hartawan].

AKTUALITAS.ID – Ekonomi global saat ini tengah dipenuhi ketidakpastian. Kondisi ini kemudian berdampak pada negara berkembang seperti INdonesia. Di beberapa negara bahkan sudah terjadi resesi dan krisis.

Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi menyebutkan Indonesia mestinya bersyukur masih mampu mencapai angka pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal III-2019 sebesar 5,02 persen (year on year/yoy). Angka ini lebih rendah dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2019 yang sebesar 5,05 persen yoy.

Angka ini juga lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2018 sebesar 5,17 persen yoy. Namun secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia dari kuartal I-2019 sampai dengan kuartal III-2019 mencapai 5 04 persen.

“Ini patut kita syukuri. Bahkan kalau dibandingkan negara G20 kita di ranking 3. Kalau tidak (disyukuri), kita kufur nikmat tidak mensyukuri pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen tadi,” kata Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 dengan tema ‘Sinergi, Transformasi, Inovasi: Menuju Indonesia Maju’ di Lotte Avenue, Jakarta, Kamis (28/11).

Dia menjelaskan, Indonesia hanya tidak lebih baik dari China dan India saja. “Kita ini hanya di bawah China dan India. G20, China, India, Indonesia, kemudian keempat Amerika Serikat (AS), kita di atas Amerika,” ungkapnya.

“Kalau kita enggak bersyukur, kufur nikmat,” tegas Jokowi.