Enggan Lobi Partai Politik, Rian Ernest Maju Pilkada Kota Batam Jalur Independen


Politisi PSI Rian Ernest

AKTUALITAS.ID – Mantan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Rian Ernest mendeklarasikan diri maju sebagai Bakal Calon Wali Kota di Pilkada Kota Batam tahun 2020. Dalam Pilkada Batam ini, dia akan maju bersama Yusiani Gurusinga sebagai Calon Wakil Wali Kota.

“Kenapa Batam? Karena Ibu saya adalah perempuan kelahiran Tarempa, Provinsi Kepri. Dan bapak saya asli German. Jadi sebenarnya saya ini pulang ke kampung halaman. Dan Batam bagi saya juga telah menjadi tempat tinggal saya,” terang Rian Ernest saat ditemui awak media disela-sela deklarasi dirinya di Hotel Harris Batam Center, Selasa (10/12)

Dikarenakan PSI hanya memiliki satu kursi di DPRD Batam, maka Rian dan Yusiani memutuskan maju melalui jalur independen. Alasannya karena politisi PSI itu enggan melakukan lobi lobi dengan partai politik lain.

“Saya tidak setuju dengan lobi-lobi dan transaksi mahar politik. Melalui perhitungan matang, saya memutuskan maju melalui jalur independen,” katanya.

Dia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan mengapa dirinya dan Yusiani memutuskan maju independen. Pertama karena tidak punya beban Partai Politik. Lalu menjauhkan diri dari politik transaksional.

“Bisa bertemu dengan berbagai komunitas lintas identitas partai. Membuka akses dengan kelompok-kelompok yang selama ini diabaikan oleh sistem politik Batam. Dan melahirkan gagasan yang muncul dari aspirasi masyarakat Batam sendiri, dan bukan hanya gagasan partai,” jelas Rian.

Untuk maju, Rian dan Yusiani harus mengumpulkan 49 ribu lembar KTP hingga Februari 2020. Mantan staf Basuki Tjahaja Purnama saat menjabat Gubernur DKI Jakarta itu optimis menargetkan meraih 60 ribu lembar KTP.

“Di Batam belum pernah ada calon lolos verifikasi jalur independen, ini bisa jadi sejarah,” tegasnya.

Rian mengungkapkan, dirinya memutuskan untuk kembali ke Batam untuk membangun kampung halamannya. Sebab dia menilai, banyak potensi wilayah Batam belum digarap secara maksimal.

Karena itu, untuk kampanyenya, Rian mengusung Batam Baru. Gerakan yang muncul dari tengah masyarakat Batam sendiri.

“Batam Baru adalah gerakan yang mengusung ide dan aspirasi warga Batam sendiri untuk membenahi potensi pariwisata dan industri kota Batam. Saatnya semangat pembaruan hadir di Kota Batam,” tutupnya.

Masyarakat yang ingin memberikan dukungannya dapat menyalurkannya ke www.batambaru.com. Pengumpulan KTP juga dilakukan melalui laman tersebut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>