Connect with us

Nasional

Wakil KSP: “Lapor Mas Wapres” Efektif Tingkatkan Respons pada Laporan Masyarakat

Published

pada

Wakil Kepala Staf Presiden (KSP), Muhammad Qodari, Foto: Youtube

AKTUALITAS.ID – Wakil Kepala Staf Presiden (KSP), Muhammad Qodari, menilai layanan pengaduan “Lapor Mas Wapres” yang diinisiasi oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mampu meningkatkan respons terhadap kebutuhan masyarakat. Menanggapi kekhawatiran adanya tumpang tindih peran dengan KSP, Qodari justru melihat banyaknya saluran pengaduan sebagai langkah positif.

“Saya ini kan baru sebentar di pemerintahan, tapi saya sudah melihat bagaimana permasalahan itu banyak sekali. Jadi, kalau banyak pihak yang bisa menangani dan banyak saluran untuk menyelesaikan masalah, tentu akan lebih baik,” kata Qodari saat ditemui di Jakarta Pusat pada Selasa (12/11/2024).

Qodari menjelaskan, lembaga seperti DPR dan KSP selama ini juga menerima berbagai laporan dari masyarakat. “Di sini aja kita dengar bagaimana masyarakat membuat laporan kepada DPR, dan KSP sendiri juga banyak menerima laporan,” tambahnya. Menurutnya, semua laporan tersebut kemudian disalurkan ke institusi yang berwenang menangani permasalahan itu.

Layanan “Lapor Mas Wapres” yang diluncurkan oleh Wapres Gibran pada Senin (11/11/2024) bertujuan membantu masyarakat menyampaikan aspirasi atau keluhan mereka langsung kepada lembaga terkait. Qodari menyebutkan bahwa langkah ini mempercepat penyelesaian masalah masyarakat.

“Saya kira di Mas Wapres itu terjadi, masalah diidentifikasi dan diarahkan ke departemen yang menangani. Jadi, ini mempermudah masyarakat menyampaikan laporan ke lembaga yang berwenang,” jelasnya.

Wakil Presiden Gibran membuka layanan ini melalui akun Instagram pribadinya, @gibran_rakabuming, pada Minggu (10/11/2024) malam. Dalam unggahannya, Gibran menyampaikan bahwa layanan ini dibuka untuk umum demi menampung keluhan masyarakat Indonesia.

“Mudah-mudahan kalau dikirimkan oleh Mas Wapres, atensi dan perhatiannya semakin tinggi,” pungkas Qodari, berharap agar kementerian terkait memberikan perhatian lebih pada laporan-laporan masyarakat yang diterima dari layanan ini. (Yan Kusuma)

Trending

Exit mobile version