Bertabur Bintang, Nasdem Diprediksi Gagal di Dapil Sulsel 2


AKTUALITAS.ID – Target Nasdem untuk menyapu bersih tujuh kursi di dapil Sulawesi Selatan (Sulsel) II diprediksi tidak akan tercapai. Pasalnya, Gerindra dan Golkar mendominasi elektabilitas caleg di dapil Sulsel II.

Meski di dapil ini ada Syahrul Yasin Limpo atau SYL -calon anggota legislatif (caleg) baru Partai Nasdem yang menggeser petahana Akbar Faizal di bawah sembilan besar, tapi Caleg petahana dengan elektabilitas tertinggi ternyata adalah politisi Gerindra Andi Iwan Darmawan (11,3%). Kemudian, dua caleg Golkar yaitu Andi Rio Idris Padjalangi (9,6%) dan Syamsul Bachri (8,1%) menyusul di bawahnya.

“SYL berada pada urutan keempat dengan elektabilitas 5,9%, sedangkan Akbar Faizal hanya 1,6%,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, pada Rabu (27/2/2019).

Upaya NasDem dengan menempatkan nama-nama besar ternyata tidak cukup mengangkat elektabilitasnya di dapil Sulsel II. Misalnya istri bupati Barru Hasnah Syam, istri bupati Wajo Sitti Maryam, mantan Walikota Pare-Pare Achmad Faisal Andi Sapada dan mantan calon bupati Soppeng Lutfi Halide.

“Yang mengejutkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berhasil menempatkan calegnya pada posisi sembilan besar, yaitu Nurhasan (3,3%),” papar Rudi. Sementara caleg petahana dari PDIP terlempar dari posisi sembilan besar, yaitu Samsu Niang (1,4%). Demikian pula caleg petahana PKS Andi Akmal Pasaludin yang hanya 1,3%.

Survei Y-Publica ini digelar pada tanggal 21-30 Januari 2019 di dapil Sulsel II. Dapil ini mencakup Bulukumba, Sinjai, Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, Bone, Soppeng, dan Wajo. Dalam Pileg 2019, dapil Sulsel II mendapat alokasi tujuh kursi.

Jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%. [Gatra].

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>