Peringati HUT RI ke 75, Gubsu Ajak Semua Pihak Introspeksi Kesejahteraan Sumut


AKTUALITAS.ID – Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mengajak semua pihak mengintrospeksi usia kemerdekaan RI dengan kondisi kesejahteraan rakyat Sumut. Dia mengatakan apakah kesejahteraan yang ada saat ini sudah sesuai dengan usia 75 tahun RI.

“Introspeksi diri Sumatera Utara 75 tahun usia kita, apakah kita sudah wajar dengan usia 75 tahun dengan kehidupan kesejahteraan yang seperti ini? Itu yang perlu diintrospeksi dan menjadikan sama-sama kita membangun Sumatera Utara yang kita cintai,” ujar Edy usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara virtual di rumah dinas-nya, Senin (17/8/2020).

Edy mengatakan Pemprov Sumut terus berupaya memenuhi berbagai kebutuhan dasar warga mulai dari air, listrik dan pangan. Menurutnya, hal ini menjadi prioritas dirinya.

“Pembangunan yang kita kejar adalah kebutuhan dasar rakyat Sumatera Utara kita ini. Air, listrik, ini yang harus kita evaluasi. Kebutuhan dasar pangan, papan, ini yang harus kita evaluasi. Prioritas tadi yang saya katakan kebutuhan dasar rakyat yang harus segera kita evaluasi dan kita bisa penuhi itu, Insyaallah,” ucapnya.

Edy mengatakan akan menggelontorkan dana dari APBD Sumut untuk memenuhi kebutuhan dasar warga. Kalau tidak cukup, kata Edy, dirinya akan berupaya memenuhi dengan bantuan APBN ataupun KPBU.

“Itu tadi soal listrik, air, itu yang kita evaluasi segera. Habis ini kita harus bentuk segera tim dan apa yang bisa kita lakukan dengan kemampuan APBD kita. Kalau itu juga tidak mampu, kita akan berbicara dengan APBN kita, kalau itu juga tidak mampu, kita akan bicara dengan KPBU kita,” tuturnya.

Edy juga menyebut peringatan HUT RI ke-75 ini berjalan dramatis. Salah satunya, kata Edy, para peserta peringatan HUT RI ke-75 harus menggunakan alat pelindung diri (APD).

“Mungkin seumur-umur di seluruh dunia dan terkhusus di Indonesia dalam ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 ini mengalami hal yang sangat dramatis. Karena kita harus menggunakan atribut seperti ini. Kita harus tutup wajah, tutup mulut,” jelasnya.

Meski begitu, Edy menyampaikan pelaksanaan peringatan HUT kemerdekaan ini harus tetap khidmat. Dia berharap peringatan HUT RI dapat menggugah masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

“Inilah hari sakralnya Republik Indonesia. Merdekanya Republik Indonesia. Semoga ini menggugah kita semua untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ke depan,” paparnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>