TNI Membenarkan Satu Prajurit Membelot ke OPM


Pasukan Gabungan TNI-Polri saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11/2018). Apel kesiapan ini diikuti 50.000 personel dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Polri.

AKTUALITAS.ID – Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa membenarkan satu prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 410/Alugoro bernama Pratu Lucky Y Matuan atau Lukius membelot ke Organisasi Papua Merdeka (OPM). TNI akan melakukan pengejaran sebagai misi prioritas untuk membawa pulang prajurit TNI tersebut.

“Benar (ada prajurit TNI yang bergabung OPM). (Pengejaran) jadi prioritas,” kata Suriastawa saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (16/4/2021).

Suriastawa mengatakan kejadian kabur dan membelotnya Lukius itu terjadi 12 Februari 2021 lalu. Sehingga, dia membantah klaim OPM bahwa prajurit tersebut membelot baru-baru ini.

“Kemarin media pendukung OPM memuat berita tentang kaburnya oknum prajurit TNI dari Yonif 410. Walaupun hal itu benar, tetapi kejadiannya tanggal 12 Februari 2021 yang lalu, bukan kejadian baru dan sudah diberitakan di media pro OPM,” terang dia.

Pihaknya belum mengetahui motif di balik membelotnya Pratu Lukius. Akan tetapi, dia memastikan Pratu Lukius kabur tanpa membawa senjata.

“Oknum prajurit tersebut kabur dari pos tanpa membawa senjata dan sampai saat ini tidak jelas keberadaannya” tuturnya.

TNI, kata Suriastawa, bakal terus mempersempit ruang gerak OPM. Pihaknya memberikan dua pilihan kepada OPM yakni kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi atau terus diburu dan diberantas.

“Mempersempit gerak OPM sampai titik terlemah sehingga hanya ada dua pilihan bagi OPM. Pertama menyerah dan bergabung membangun Papua dalam bingkai NKRI dan kedua terus diburu akan dibabat sampai ke akar-akarnya,” tegasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>