Connect with us

Dunia

Biden Kembali ke Gedung Putih, Usai Menjalani Isolasi COVID-19 

Published

on

Presiden AS Joe Biden memberi hormat kepada wartawan sebelum menaiki pesawat kepresidenan Air Force One menuju Washington untuk kembali berkantor usai melakukan isolasi karena terpapar COVID-19. (Foto: foxnews.com)

AKTUALITAS.ID – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, kembali ke Gedung Putih pada Selasa (23/7/2024) setelah beberapa hari menjalani isolasi di rumah peristirahatannya di Pantai Rehoboth, Delaware, akibat terpapar COVID-19. Kepulangannya disambut dengan sorak-sorai dari wartawan yang menantikan pernyataan resminya terkait rumor kesehatan dan masa depannya di dunia politik.

Biden, yang dinyatakan positif COVID-19 pada Rabu pekan lalu (17/7/2024), terlihat memberi hormat dan tersenyum kepada wartawan saat tiba di Pangkalan Angkatan Udara Dover sebelum menaiki pesawat kepresidenan Air Force One. “Perhatikan dan pahami. Mengapa Anda tidak menunggu dan mendengar apa yang akan saya katakan,” ujar Biden ketika ditanya tentang pidatonya di Ruang Oval yang dijadwalkan pada Rabu (24/7/2024) malam waktu setempat.

Kepulangan Biden ini terjadi di tengah meningkatnya spekulasi mengenai kesehatan dan kemampuan mentalnya, terutama setelah debat yang dianggap buruk melawan calon dari Partai Republik, Donald Trump, pada Juni lalu. Debat tersebut memicu pertanyaan mengenai ketajaman mentalnya dan kemampuan untuk mengalahkan Trump dalam pemilihan presiden yang akan datang pada November mendatang.

Sebelumnya, Biden telah mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden melalui unggahan di media sosial X pada akhir pekan lalu. Pengumuman ini muncul setelah semakin banyak suara dari Partai Demokrat yang mendesaknya untuk mengakhiri kampanye pemilihannya kembali. Mereka berpendapat bahwa kinerja Biden yang kurang meyakinkan dalam debat tersebut dapat merugikan peluang Partai Demokrat dalam pemilihan mendatang.

Dalam pernyataan singkatnya kepada wartawan, Biden hanya menoleh dan tertawa ketika ditanya alasan di balik keputusannya untuk mundur dari pencalonan presiden, sebelum akhirnya berjalan menuju mobil kepresidenan yang dijuluki ‘The Beast’.

Publik AS dan dunia kini menantikan pidato Biden dari Ruang Oval pada Rabu malam, yang diharapkan akan memberikan penjelasan lebih lanjut tentang keputusannya untuk mundur dan rencana ke depan bagi masa jabatan presiden yang masih berjalan.

Pidato ini diprediksi akan menjadi momen krusial dalam sejarah politik AS, mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung dan dinamika politik yang semakin memanas menjelang pemilihan presiden November mendatang. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version