Connect with us

Jabodetabek

Pusbintal TNI: Revitalisasi dan Reaktualisasai Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Prajurit TNI

Published

on

AKTUALITAS.ID – Pusat Pembinaan Mental (Pusbintal) TNI menggelar sarasehan pembinaaan mental Ideologi, Rabu, 24/7, bertempat di Hotel Lorin Sentul Bogor.

Acara yang mengusung tema “Revitalisasi dan Reaktualisasi penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan Prajurit TNI di era Teknologi ini, menghadirkan nara sumber yang profesional dibidangnya yakni Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya (Sekretaris Dewan Pengarah BPIP RI) dan Dr. Dede Farhan Aulawi (Pakar IT) dengan moderator Kabidbintalid Pusbintal TNI Kolonel. Caj Muftiono S.Ag.,M.A.,

Acara yang dihadiri langsung Kapusbintal TNI Laksma TNI Drs. Ian Hariyawan, CHRMP, juga menghadirkan para Kepala Dinas Angkatan yaitu Kadisbintal TNI AD Brigjen TNI Ridwan, S.Sos, diwakili Kasubtalidjuang Kolonel Inf. Mustagfirin, Kadisbintal TNI AL Laksma (Mar) Sandi Muchyidin Latief, S.I.P., Kadisbintal TNI AU Marsma TNI Wisnu Saputro, S,Pd., M,Pd, juga diikuti 83 peserta dari personel Bintal Angkatan dan Satker balakpus UO Mabes TNI yang berada di Wilayah Garnisun I Jakarta.

Kapusbintal TNI dalam pengantarnya menyampaikan bahwa revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila merupakan upaya penting dalam menjaga konsistensi pemahaman terhadap ideologi Negara, bahkan keutuhan dan kesatuan bangsa serta harus diarahkan pada pembinaan moral, sehingga moralitas Pancasila dapat dijadikan sebagai dasar dan arah dalam upaya mengatasi berbagai krisis multi dimensi yang bisa menyebabkan ragam persoalan hingga disintegrasi bangsa.

Lebih lanjut Laksma TNI Drs. Ian Hariyawan menekankan upaya penting yang harus menjadi perhatian yakni Nilai-nilai Pancasila harus tetap dipahami dan diamalkan di tengah kemajuan teknologi dan arus globalisasi, Memanfaatkan platform media sosial maupun teknologi informasi, merupakan cara cerdas yang dapat digunakan sebagai media pembinaan generasi milenial dan generasi Z yang efektif, Sejumlah tokoh berpengaruh (influencer) di media sosial juga dapat dijadikan mitra guna mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada prajurit TNI, tetap aktif melakukan kampanye dengan menolak beragam faham dan aksi yang bertentangan dengan ideologi bangsa yang menjadi penyebab lunturnya kebersamaan, semangat gotong royong, bahkan persatuan dan kesatuan bangsa. Kreatif dalam mendorong generasi muda TNI agar cerdas dalam menangkap perubahan di era globalisasi.

Acara yang diakhiri beberapa pertanyaan dari peserta tersebut berlangsung cukup menarik, antusias dan komunikatif.

Trending

Exit mobile version