Connect with us

Nasional

Presiden Jokowi Tegaskan Polri Harus Tegakkan Hukum Tanpa Tebang Pilih

Published

on

AKTUALITAS.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya Polri untuk menegakkan hukum secara adil dan tidak tebang pilih. Pesan ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 yang digelar di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, pada Senin (1/7/2024).

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyoroti peran krusial Polri dalam menjaga ketahanan bangsa, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks. “Polri harus makin lincah, harus makin adaptif, dan memiliki cara pandangan strategis. Harus menjadi cooling system dan perekat kebinekaan, harus profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum,” ujar Jokowi.

Presiden juga mengingatkan bahwa Polri saat ini dihadapkan pada tantangan kejahatan transnasional yang semakin canggih. Oleh karena itu, beliau menekankan pentingnya Polri untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Upacara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Wury Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla beserta istri, serta Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Pada peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara kali ini, Polri mengusung tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”. 

Selain upacara peringatan, rangkaian kegiatan HUT Ke-78 Polri juga dimeriahkan dengan pesta rakyat yang menampilkan berbagai pertunjukan musik dari artis-artis Ibu Kota dan aneka jajanan kuliner gratis untuk masyarakat. Arena permainan untuk anak-anak dan stan makanan gratis dari UMKM turut meramaikan acara ini.

Sejumlah penyanyi terkenal seperti Arie Lasso, Isnaya Sarasvati, dan RAN turut memeriahkan acara hiburan dalam perayaan tersebut, menciptakan suasana yang meriah dan penuh kegembiraan bagi masyarakat yang hadir.

Dengan peringatan Hari Bhayangkara ini, diharapkan Polri semakin kuat dan profesional dalam menjalankan tugasnya, menjaga keamanan dan ketertiban, serta mendukung pembangunan Indonesia yang lebih maju dan inklusif. (NAUFAL/RAFI)

Trending

Exit mobile version