Connect with us

Olahraga

PSSI Tunggu Keputusan CAS Terkait Maarten Paes untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Published

on

AKTUALITAS.ID – Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menyatakan bahwa status Maarten Paes, kiper keturunan yang diharapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, masih belum bisa dipastikan. Saat ini, PSSI tengah menunggu kelanjutan sengketa Paes yang masih berproses di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

“Masih proses, masih proses. Kita tunggu aja bagaimana nanti Maarten Paes, apakah dia bisa main atau tidak,” kata Yunus Nusi di Jakarta, Sabtu (6/7/2024).

PSSI telah membawa sengketa ini ke CAS setelah mendapatkan paspor dan KTP Indonesia untuk Paes. Namun, hingga kini kasus tersebut belum dijadwalkan untuk sidang oleh CAS dalam waktu dekat.

“Kami belum tahu apakah dia bisa main atau tidak nanti, tetapi kami sudah maksimal dalam mengurus masalah ini. Tim kami terus bekerja keras,” tambahnya.

Meskipun Maarten Paes sudah resmi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), kiper FC Dallas dengan tinggi 191 cm ini masih belum sepenuhnya mendapatkan lampu hijau dari FIFA untuk membela Timnas Indonesia. 

Masalah utama yang masih dihadapi adalah administrasi Paes yang harus diselesaikan di CAS. Hal ini disebabkan karena Paes pernah membela Timnas Belanda U-21 dalam Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021. Pada saat itu, usianya sudah memasuki 22 tahun.

Menurut aturan FIFA, seorang pemain sepak bola dapat berganti tim nasional dan bermain untuk negara lain jika terakhir kali bermain untuk tim junior atau senior di pertandingan resmi masih di bawah usia 21 tahun.

PSSI tetap berusaha keras untuk menyelesaikan masalah ini agar Maarten Paes bisa segera memperkuat Timnas Indonesia dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Seluruh pencinta sepak bola tanah air tentunya berharap agar proses ini bisa segera selesai dan Paes dapat berkontribusi bagi kemajuan Timnas Indonesia. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version