Connect with us

Olahraga

Vietnam U-19 Tersingkir dari Piala AFF 2024, Indonesia di Ambang Semifinal

Published

on

Pelatih Vietnam U19, Hua Hien Vinh memberikan instruksi ke pemainnya di Piala AFF U19 2024. (Foto: Federasi Sepak Bola Vietnam)

AKTUALITAS.ID – Vietnam U-19 dipastikan tersingkir dari perburuan gelar Piala AFF U-19 Boys Championship 2024 setelah Thailand dan Malaysia meraih kemenangan pada matchday kedua Grup C, Senin (22/7/2024). Tim asuhan Hua Hien Vinh hanya mampu mengumpulkan satu poin dan berada di posisi ketiga Grup B.

Kemenangan Thailand dan Malaysia memastikan Vietnam tidak bisa lolos ke semifinal melalui jalur runner-up terbaik. Juara Grup B sudah diamankan oleh Australia dengan enam poin, hasil dari dua kemenangan telak atas Laos (6-0) dan Vietnam (6-2). Myanmar, yang berada di peringkat kedua Grup B, juga dipastikan tidak lolos setelah meraih dua hasil seri melawan Vietnam (1-1) dan Laos (1-1).

Vietnam masih memiliki satu laga tersisa melawan Laos pada Rabu (24/7/2024), namun hasil dari laga tersebut tidak akan berpengaruh pada posisi klasemen peringkat dua terbaik yang sementara ditempati oleh Thailand dengan enam poin.

Selain Vietnam, Myanmar dan Laos dari Grup B juga dipastikan tersingkir dari persaingan ke babak semifinal. Di Grup C, Singapura dan Brunei Darussalam sudah lebih dulu dipastikan angkat koper, sementara Kamboja dari Grup A juga sudah tersingkir.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri berada di ambang lolos ke fase gugur setelah mengamankan dua kemenangan beruntun di Grup A. Teranyar, skuad Merah Putih menang 2-0 atas Kamboja, memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen dengan enam poin.

Indonesia masih menyisakan satu laga melawan Timor Leste. Skuad Garuda Muda hanya membutuhkan hasil imbang untuk mengunci tempat di semifinal sebagai juara grup. Jika berhasil, Indonesia akan terhindar dari pertemuan dengan Australia di semifinal dan akan bertemu dengan juara Grup C, yang sementara dihuni oleh Malaysia.

Pertandingan pamungkas Malaysia melawan Thailand akan menentukan siapa yang keluar sebagai juara Grup C dan menjadi lawan Indonesia di semifinal. Skuad asuhan Indra Sjafri kini berpeluang besar untuk melangkah ke babak empat besar dan terus mengejar gelar juara Piala AFF U-19 2024. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending