Kalah 8 Persen di Survei SPIN, BPN: Survei Internal Kami Unggul


AKTUALITAS.ID – Lembaga Survey dan Polling Indonesia (SPIN) baru merilis hasil surveinya yang terbaru dengan mengunggulkan pasangan Jokowi – Ma’aruf sebesar 49 persen Sementara  Prabowo-Sandiaga sebesar 41 persen.

Menanggapi hat tersebut, Wakil Ketua Dewan Penasehat BPN Prabowo – Sandi, Hidayat Nur Wahid (HNW) mengaku hasil survei internal mereka telah melebihi pasangan Jokowi – Ma’aruf.

“Survei internal kami sudah unggul dari petahana, meskipun persentasenya belum dua digit,” katanya Hidayat Nur Wahid di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2019).

Dirinya mengasumsikan survei yang dilakukan SPIN membuktikan dinamika Pilpres 2019 masih akan terus terus berlanjut hingga pemilu dimulai.

Politikus PKS tersebut menghimbau untuk semua  lembaga survei bersikap independen dan transparan.

“Hendaknya survei itu dilakukan oleh lembaga yang mempunyai independensi sangat kuat, sehingga tidak diasumsikan ini survei rasa timses,” Paparnya.

Sebelumnya, SPIN merilis survei terbaru mengenai elektabilitas capres-cawapres 2019. Hasilnya mirip dengan hasil survei Indomatrik. Di survei SPIN, Jokowi-Ma’ruf unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan selisih 8 persen. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 49 persen. Sementara elektabilitas Prabowo-Sandiaga sebesar 41 persen.

Survei SPIN digelar pada 27 Desember 2018 – 8 Januari 2019 dengan melibatkan 1.213 responden. Metode survei multistage random sampling. Margin of error sebesar 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [Kiki Budi Hartawan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>