SPIN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Makin Tak Terbendung Capai 50,9 Persen 


Sejumlah relawan mengacungkan dua jari saat Konsolidasi TKD Prabowo - Gibran Provinsi Jawa Barat di The House Convention Hall, Bandung, Jawa Barat. (Antara)

AKTUALITAS.ID – Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin tidak terbendung. Bahkan survei Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah menembus 50,9 persen.

“Elektabilitas pasangan calon versi survei SPIN, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mencapai 50,9 persen setelah debat ketiga,” kata Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (15/1/2024).

Selain itu elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 23,5 persen, sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sebesar 18,7 persen. Jumlah responden yang belum menentukan sikap atau tidak menjawab ada sebanyak 6,9 persen.

Dalam survei itu menyebutkan bahwa upaya Ganjar dan Anies yang mencoba mendegradasi Prabowo Subianto dalam debat ketiga ternyata tidak berhasil. Elektabilitas Anies malah merosot, begitu pula dengan Ganjar.

Debat capres yang diselenggarakan oleh KPU pada hari Minggu, 7 Januari 2024 tidak berpengaruh pada pilihan mereka dalam Pilpres 2024.

Mayoritas publik atau 72,9 persen mengaku acara tersebut tidak memengaruhi pilihan mereka terhadap masing-masing capres.

Dengan demikian, Igor menilai debat ketiga Pilpres 2024 tidak menjadi referensi bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya.

Survei yang dilakukan oleh lembaga Survei and Polling Indonesia (SPIN) periode 8-14 Januari 2024. Survei in mengambil sampel 2.178 responden di seluruh provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Adapun margin of error survei SPIN sebesar +/- 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>