1.000 Orang Jadi Korban Akibat Topan Idai di Mozambik


Rumah-rumah tergenang air akibat terjangan badai di Mozambik. (Foto Twitter)

AKTUALITAS.ID – Topan Idai dan banjir bandang melanda sejumlah titik di Mozambik sejak sepekan terakhir. Diperkirakan, korban tewas akibat bencana ini mencapai lebih dari 1.000 orang.

Sejauh ini, 84 orang tewas telah terkonfirmasi oleh tim penyelamat yang diterjunkan. Namun Presiden Mozambik Filipe Nyusi, jumlah korban yang tewas bisa jauh melebihi angka yang sekarang diterima.

“Semuanya mengidentifikasikan bahwa ada lebih dari 1.000 kematian,” katanya melalui siaran radio, seperti dikutip dari kantor berita Reuters, Selasa (19/3/2019).

Nyusi menambahkan, dirinya telah memantau dari udara seluruh lokasi yang terdampak badai yang menyebabkan semua sungai meluap. Ia menyebut banyak desa hilang dan mayat-mayat mengambang di atas air.

Tak hanya di Mozambik, Topan Idai juga menerjang Zimbabwe, yang mengakibatkan 98 orang tewas serta lebih dari 200 orang dikabarkan hilang.

Sementara di Malawi, korban tewas akibat hujan lebat dan banjir mencapai 56 orang pada pekan lalu. Hingga saat ini belum ada angka baru yang dirilis oleh pemerintah negara itu.

Pejabat Senior Federasi Palang Merah Internasional, Caroline Haga mengatakan, situasi di daerah terdampak jauh lebih buruk dari yang dibayangkan. Akses darat dari ibu kota ke daerah terdampak lumpuh total, imbuhnya.

Tak hanya itu, bendungan besar di kota Beira juga dilaporkan ambrol. Beira diketahui sebagai kota terbesar keempat yang menjadi tempat tinggal bagi 500.000 penduduk.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>