Bencana Jalanan Runtuh di Guangdong, China Selatan, Mengakibatkan 48 Korban Tewas


Foto udara jalanan runtuh di Meizhou-Dabu, Provinsi Guangdong, China selatan, Rabu, 1 Mei 2024. (AP)

AKTUALITAS.ID – Pada Rabu (1/5/2024), sebuah bencana mengerikan terjadi di wilayah Kota Meizhou menuju Dabu, Guangdong, China Selatan, saat jalanan runtuh dan menelan lebih dari 20 kendaraan serta 54 orang di dalamnya. Cuaca ekstrem yang melanda Guangdong dalam beberapa pekan terakhir, dengan hujan deras terus menerus, dipicu oleh badai yang telah dikaitkan dengan perubahan iklim.

Rekaman CCTV memperlihatkan upaya penyelamatan yang intensif, dengan ekskavator menggali lereng bukit berlumpur di bawah jalan yang runtuh, sementara derek mengangkat kendaraan-kendaraan yang rusak ke truk penolong. Namun, jumlah korban terus bertambah, dengan total 48 korban tewas dan sejumlah korban luka.

Pejabat pemerintah setempat dan Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memberikan perintah untuk upaya penyelamatan yang maksimal, perawatan korban luka, dan pengelolaan risiko yang tepat. Sekitar 500 orang telah dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan.

Media pemerintah menyebut kejadian ini sebagai bencana geologi alam yang disebabkan oleh dampak hujan lebat yang terus menerus. Upaya penyelamatan masih terus berlangsung, dengan harapan dapat menemukan lebih banyak korban yang selamat dan meminimalkan kerugian lebih lanjut. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>