Viral di Medsos, Kali Cimanggis Dipenuhi Busa Limbah


Busa limbah berwarna putih terlihat memenuhi kali di Cimanggis, Depok. (Instagram / @depok24jam)

AKTUALITAS ID – Aliran Kali Baru di RT 1 RW 1, Taman Duta, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat diduga tercemar limbah hingga dipenuhi busa. Peristiwa ini viral di media sosial.

Dalam unggahan laman Instagram @depok24jam, terlihat busa limbah hampir menutupi seluruh permukaan kali. Bahkan kali yang dekat dengan permukiman warga itu pun terlihat mengkhawatirkan dan jadi tontonan warga sekitar.

Seperti diketahui ada beberapa pabrik yang beroperasi di area sekitar Cimanggis tersebut. Sejauh ini belum diketahui asal dari busa tersebut dan jenis limbah yang mencemari kali di Cimanggis tersebut.

Warganet mengungkapkan keprihatinan atas pencemaran tersebut.

“Intinya begini ya bapak-bapak sekalian, apa pun yang di buang ke sungai/kali itu enggak ada pembenarannya,” ucap @andreashanada, tulis caption laman Instagram @depok24jam dikutip Senin (27/11/2023).

Merespons hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman menyebut akan mengerahkan tim untuk mengecek kondisi aliran kali yang diduga tercemar limbah tersebut. 

“Ya kita turunkan tim untuk cek,” ucap Abra.  (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>