Connect with us

Berita

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Tenggara Malang: Masyarakat Diminta Waspada

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa bumi dengan magnitudo 5,3 terjadi di laut sekitar 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Selasa (21/5/2024) dini hari. Gempa tersebut terjadi tepat pada pukul 02.42 WIB dengan kedalaman 10 kilometer.

Menurut informasi yang dirilis di laman resmi BMKG, pusat gempa berada di titik koordinat 9.28 Lintang Selatan dan 112.61 Bujur Timur. Getaran gempa dirasakan di berbagai wilayah dengan intensitas yang bervariasi. Berdasarkan skala Modified Mercalli Intensity (MMI), gempa dirasakan dengan skala III di Karangkates, skala II di Malang, Jember, Kepanjen, dan Kuta.

BMKG menegaskan pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

“Arahan gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat,” tulis BMKG dalam pernyataan resminya.

Untuk menghindari kepanikan, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Informasi resmi mengenai gempa bumi dan langkah-langkah penanganan yang tepat dapat diakses melalui kanal-kanal komunikasi resmi BMKG.

Masyarakat yang berada di wilayah terdampak diharapkan selalu waspada dan memastikan keselamatan diri serta keluarga. Pemerintah daerah dan instansi terkait juga diharapkan terus memantau situasi dan memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version