Connect with us

Berita

PDIP Tentukan Sikap Politik di Rakernas V, Bergabung atau Tidaknya di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Published

on

AKTUALITAS.ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuka peluang untuk menentukan sikap politik terkait bergabung atau tidaknya partai tersebut dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Keputusan tersebut akan dibahas pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang akan diselenggarakan akhir bulan ini.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, bahwa keputusan politik ini bisa diambil pada saat Rakernas atau pada kongres partai mendatang. 

“Sikap politik partai terkait dengan hal tersebut akan menerima masukan di dalam Rakernas, tetapi keputusan politik itu bisa dilakukan pada saat Rakernas, bisa juga dilakukan pada saat kongres yang akan datang,” ujar Hasto pada Rabu (22/5).

Menurut Hasto, secara empiris, PDIP biasanya memutuskan sikap politik strategis seperti ini dalam kongres partai. 

“Kalau belajar dari kongres-kongres sebelumnya, karena ini merupakan hal yang sangat strategis, itu rata-rata ditetapkan di dalam kongres,” jelasnya. 

Namun demikian, ia juga mengisyaratkan bahwa keputusan tersebut mungkin saja diambil dalam Rakernas yang akan berlangsung pada 24-26 Mei. “Rakernas yang mengemban nilai-nilai demokrasi tentu saja akan melihat sense of urgency (keterdesakan) dan sense of priority (rasa prioritas) terkait dengan sikap politik partai,” tambah Hasto.

Rakernas V PDIP akan diadakan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, dengan tema “Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang” dan sub-tema “Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya.” Acara ini akan dihadiri oleh fungsionaris DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; serta Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara; Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota; Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP; serta calon anggota DPR RI terpilih Pemilu 2024 non-petahana. Jumlah peserta diperkirakan mencapai 4.858 orang.

Dalam Rakernas ini, DPP PDIP memberi kesempatan bagi Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP untuk menyampaikan aspirasi dari akar rumput. 

“Mereka lah yang nanti di dalam Rakernas ini memiliki kedaulatan penuh untuk menyampaikan aspirasinya, sehingga sikap-sikap politik tentu saja juga akan melihat bagaimana problematika yang dihadapi oleh rakyat, bangsa, dan negara,” kata Hasto.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa sikap politik PDIP akan diumumkan setelah mendengarkan seluruh dinamika dan masukan dari peserta Rakernas. “Rakernas dengan seluruh dinamikanya akan mendengarkan suara-suara dari peserta Rakernas tersebut. Dari situlah, sikap politik akan diumumkan pada saat penutupan Rakernas partai,” tutup Hasto.

Rakernas ini menjadi momen penting bagi PDIP untuk menentukan arah politik ke depan, khususnya terkait kemungkinan bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Semua mata kini tertuju pada Rakernas PDIP yang akan segera digelar. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending