Connect with us

Berita

Ketua DKPP: Pemilu Demokratis Tergantung Kepatuhan Peserta Terhadap Aturan

Published

on

AKTUALITAS.ID – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Heddy Lugito, menegaskan bahwa pelaksanaan pemilihan umum yang demokratis sangat bergantung pada kepatuhan seluruh peserta pemilu terhadap peraturan yang ada. 

Heddy menyampaikan hal ini dalam acara Bimbingan Teknis Penanganan Pelanggaran Kode Etik Badan Ad Hoc Pilkada Tahun 2024 yang digelar di Manado, Jumat lalu.

“Faktanya bapak-ibu tahu, gonjang-ganjing kepemiluan itu lebih banyak bukan pada penyelenggaranya, karena peserta tidak taat aturan itu berinteraksi dengan para penyelenggara,” kata Heddy, menyoroti bahwa kericuhan dalam pemilu lebih sering disebabkan oleh ketidakpatuhan peserta pemilu terhadap aturan yang berlaku.

Heddy menekankan pentingnya integritas para penyelenggara pemilu, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurutnya, jika integritas penyelenggara lemah, maka kualitas hasil pemilu pun akan menurun. “Oleh karena itu saya selalu berpesan terhadap teman-teman sekalian penyelenggara pemilu utamanya yang KPU memiliki kualitas integritas di level tertinggi, tidak bisa kurang sedikit pun,” tegasnya.

Ia mengingatkan para penyelenggara pemilu untuk tetap menjaga keutuhan pribadi dan tidak terpengaruh oleh pihak-pihak yang memiliki pengaruh besar. “Siapa pun yang berpengaruh, siapa pun yang mempengaruhi tetaplah pribadi yang utuh, tidak terpengaruh, hanya berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan dan kode etik penyelenggara pemilu,” ajaknya.

Heddy mengakui bahwa menjadi penyelenggara pemilu adalah tanggung jawab besar karena mereka memegang mandat yang sangat penting dari undang-undang. “Dari penyelenggara pemilu utamanya KPU inilah yang akan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa dari tingkat pusat dan maupun tingkat daerah,” ujarnya.

Ia juga menekankan kebanggaan yang seharusnya dirasakan oleh penyelenggara pemilu ketika berhasil melahirkan pemimpin yang dikehendaki rakyat, yakni pemimpin yang benar-benar memperhatikan dan menjalankan aspirasi rakyat. “Mestinya penyelenggara pemilu bangga melahirkan pemimpin yang dikehendaki rakyat, pemimpin-pemimpin yang benar-benar memikirkan dan benar-benar menjalankan aspirasi rakyat,” kata Heddy.

Mengakhiri pernyataannya, Heddy menegaskan bahwa seluruh proses pemilu akan berjalan dengan baik jika berlangsung secara demokratis, dan ini sepenuhnya berada di tangan para penyelenggara pemilu. “Ini akan berlangsung dengan baik kalau pemilu kita berlangsung secara demokratis,” tutupnya. (NOUFAL/RAFI)

Trending

Exit mobile version