Connect with us

Berita

PAN Siapkan Kejutan di Pilkada 2024: Fokus pada Banten, Jakarta, dan Jawa Barat

Published

on

AKTUALITAS.ID – Ketua Tim Desk Pilkada DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengungkapkan bahwa Pilkada 2024 di Pulau Jawa akan berjalan dinamis, terutama di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Hal ini disampaikan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (27/6).

“Untuk Banten, DKJ (Daerah Khusus Jakarta), dan Jabar (Jawa Barat) itu masih dinamis, ya, masih sangat mungkin ada kejutan-kejutan yang akan kami lakukan, untuk siapa nanti yang akan kami putuskan,” ujar Yandri.

Pilkada 2024 di Pulau Jawa akan menjadi salah satu agenda utama dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN yang akan digelar Sabtu (29/6). Dalam Rakernas tersebut, PAN akan meminta masukan dari para kader terkait strategi dan calon yang akan diusung.

“Banten ini bagi PAN penting, calonnya banyak. Sekarang kami juga sedang mengerucutkan untuk dukungan, nanti akan minta masukan juga di Rakernas,” jelas Yandri.

Untuk Pilkada Jakarta, PAN berencana mengajukan kader internal, yakni Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. Yandri menegaskan bahwa partainya sedang berkomunikasi dengan partai-partai lain untuk membentuk koalisi di luar poros Anies Baswedan.

“Ini yang sedang kami komunikasikan dengan partai-partai yang menurut kami dianggap bisa bekerja sama dengan PAN untuk mengusung pasangan di luar poros Anies,” katanya.

Sementara itu, untuk Pilkada Jawa Barat, PAN sedang mencari pasangan yang tepat untuk Ketua DPW PAN Jawa Barat Desy Ratnasari. Yandri bahkan berkelakar bahwa partainya sedang mencari “jodoh” untuk Desy.

“Jawa Tengah, kami kemarin sudah Rakerwil (Rapat Kerja Wilayah), sudah memutuskan ke Pak Luthfi (Irjen Pol. Ahmad Luthfi) yang sekarang Kapolda Jawa Tengah,” ujarnya.

PAN juga telah menetapkan dukungan untuk Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Jawa Timur.

Sekjen PAN Eddy Soeparno menambahkan bahwa PAN tetap konsisten mengusung kader internal untuk Pilkada Jawa Barat, seperti Desy Ratnasari atau mantan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Namun, nama-nama baru seperti Ilham Akbar Habibie dan Susi Pudjiastuti juga muncul dalam bursa Pilkada Jabar.

“Untuk Pilkada Jawa Barat, kami tidak kekurangan kader yang siap untuk dilamar oleh mereka yang punya peluang untuk bisa memenangkan pertarungan. Kita lihat Ridwan Kamil dalam beberapa kesempatan juga sudah menyatakan siap untuk menggandeng Bima Arya Sugiarto menjadi cawagubnya,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Dede Mulyadi juga serius mempertimbangkan Desy Ratnasari sebagai calon wakil gubernurnya.

Dengan dinamika politik yang terus berkembang, PAN terus berupaya merumuskan strategi terbaik untuk menghadapi Pilkada 2024 di Pulau Jawa, memastikan setiap langkah yang diambil telah mendapatkan masukan dari berbagai pihak dalam internal partai. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version