Connect with us

EkBis

Penjualan Tiket Kereta Nataru 2024 Baru Capai 24,27%, KAI Imbau Masyarakat Segera Pesan

Published

pada

Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat penjualan tiket kereta jarak jauh dan menengah untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 baru mencapai 24,27% dari total tempat duduk yang disediakan, hingga 3 Desember 2024 pukul 07.00 WIB. Sebanyak 672.418 tiket telah terjual dari total 2.770.864 tempat duduk yang tersedia untuk perjalanan pada periode Nataru tersebut.

“Jumlah tiket yang terjual masih terus berkembang, dan kami mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket agar dapat merencanakan liburan dengan matang. Tiket kereta untuk periode Nataru masih cukup banyak tersedia,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dalam keterangannya, Selasa (3/12/2024).

Penjualan tiket tertinggi pada periode sebelum Hari Natal diperkirakan terjadi pada H-4, yaitu pada 21 Desember 2024, dengan total penjualan 51.300 tiket. Sementara itu, penjualan tertinggi untuk periode setelah Hari Natal diperkirakan terjadi pada H+4, yaitu pada 29 Desember 2024, dengan penjualan mencapai 49.035 tiket.

KAI juga menyiapkan berbagai inisiatif guna memastikan kenyamanan penumpang selama libur Nataru. Salah satunya, dengan menambah jumlah Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun Daerah Operasi dan Divisi Regional, yang melibatkan 170 petugas tambahan untuk membantu pelanggan. Selain itu, KAI juga meningkatkan jumlah petugas cleaning service di stasiun, On-Train Cleaning (OTC), dan petugas cuci kereta guna menjaga kebersihan fasilitas.

Sebagai bagian dari upaya untuk memudahkan penumpang, KAI juga menambah frekuensi perjalanan dengan 62 kereta tambahan per hari, yang memiliki kapasitas angkut 198.948 tempat duduk per hari. Untuk mendukung program ramah lingkungan, KAI menyediakan fasilitas air minum gratis di 24 stasiun dan mendorong penumpang untuk membawa tumbler pribadi untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai.

Selain itu, KAI memperkenalkan fasilitas baru berupa Face Recognition Boarding Gate di sejumlah stasiun utama dan penambahan gate untuk meningkatkan kelancaran proses boarding, di antaranya di Stasiun Yogyakarta dan Surabaya Pasarturi.

Untuk menambah semangat liburan, beberapa kereta unggulan akan dihiasi dengan desain tematik Natal dan Tahun Baru. Stasiun-stasiun utama juga turut dihias dengan dekorasi tematik untuk menciptakan suasana yang lebih hangat dan menyenangkan bagi para penumpang yang menunggu keberangkatan.

KAI berharap berbagai peningkatan layanan ini dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan selama periode liburan Nataru 2024/2025, menjadikan kereta api sebagai pilihan transportasi yang utama. (Enal Kaisar)

Trending

Exit mobile version