Connect with us

Jabodetabek

BMKG Sebut Ada Tiga Wilayah di Jakarta Utara Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

Published

on

AKTUALITAS.ID – Tiga wilayah di Jakarta Utara dilaporkan terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur pada Kamis sore. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji, menyampaikan bahwa hingga saat ini, genangan air masih terjadi di tiga ruas jalan utama.

“Tiga ruas jalan di Jakarta Utara tersebut masih tergenang saat ini,” ujar Isnawa Adji di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Ruas jalan yang terdampak adalah Jalan Mangga di Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, dengan ketinggian air mencapai 10 centimeter. Di Kecamatan Cilincing, genangan juga terjadi di Jalan Raya Gereja Tugu dan Jalan Sungai Barito, Kelurahan Semper Barat, dengan ketinggian air yang sama, yakni 10 centimeter.

“Data ini kami kumpulkan hingga pukul 18.00 WIB dan akan terus dipantau,” tambah Isnawa.

BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah yang terdampak. Selain itu, koordinasi intensif dilakukan dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Kerja sama juga dijalin dengan para lurah dan camat setempat.

“Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” kata Isnawa optimis.

BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, masyarakat diimbau segera menghubungi nomor telepon 112 yang beroperasi selama 24 jam.

Dengan langkah-langkah penanganan yang sigap, diharapkan genangan air ini dapat segera surut dan aktivitas masyarakat dapat kembali normal. (NAUFAL/RAFI)

Trending

Exit mobile version