Connect with us

Nasional

PDIP Pertimbangkan Kaesang Pangarep Sebagai Kandidat Gubernur Jateng 2024

Published

on

AKTUALITAS.ID – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengungkapkan bahwa partainya mempertimbangkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep sebagai kandidat dalam Pilkada Jawa Tengah 2024. Kaesang, yang juga merupakan putra Presiden RI Joko Widodo, masuk dalam radar PDIP setelah survei terbaru menempatkannya sebagai salah satu calon yang potensial.

“Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga,” ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa.

Puan merespons positif hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan Kaesang di urutan kedua dalam simulasi top of mind mengenai kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah. Hasil survei tersebut menunjukkan dukungan signifikan bagi Kaesang, meskipun ia bukan berasal dari PDIP.

“Kami tidak mempersoalkan hasil survei tersebut. Bagus jika Kaesang mendapatkan dukungan,” tambah Puan.

Survei terbaru LSI yang dilakukan pada 21-26 Juni 2024 menunjukkan bahwa Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menjadi nama yang paling banyak disebut dengan 5,2 persen. Kaesang Pangarep berada di posisi kedua dengan 2,5 persen dukungan, disusul oleh Sudaryono dari Partai Gerindra dengan 2,1 persen, dan Bambang Wuryanto dari PDIP dengan 1,8 persen. Sisanya, kandidat lain mendapatkan dukungan di bawah 1 persen, sementara 78,7 persen responden belum menentukan pilihan.

Dalam simulasi semi terbuka dengan 21 pilihan nama, Kaesang Pangarep unggul dengan 15,9 persen dukungan, diikuti oleh Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan 12,9 persen. Nama-nama lain seperti Abdul Wachid, Raffi Ahmad, dan Bambang Wuryanto juga muncul dalam survei ini dengan persentase dukungan yang lebih rendah.

Kaesang Pangarep sebelumnya lebih dikenal sebagai pengusaha muda dan pemimpin PSI. Dukungan terhadap Kaesang dalam survei ini mencerminkan popularitasnya yang terus meningkat dan kemampuannya menarik perhatian publik di luar dunia bisnis.

Pilgub Jawa Tengah 2024 diperkirakan akan menjadi ajang pertarungan sengit dengan berbagai nama besar yang muncul dalam survei. PDIP, sebagai partai besar, masih terus menggodok strategi dan mempertimbangkan berbagai kandidat potensial, termasuk Kaesang Pangarep, untuk mengusung calon yang kuat dan dapat memenangkan hati rakyat Jawa Tengah. (KAISAR/RAFI)

Trending

Exit mobile version