Connect with us

Nasional

Bobby Nasution Unggul dalam Survei Cagub Sumut

Published

on

Wali Kota Medan Bobby Nasution (tengah) saat mengikuti uji kompetensi dan kepatutan (UKK) di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (6/4/2024). (ist)

AKTUALITAS.ID – Hasil survei terkini yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan bahwa Wali Kota Medan, Bobby Nasution, memiliki elektabilitas tertinggi sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Sumatera Utara. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 7 hingga 17 Juli 2024, Bobby Nasution memimpin dengan 34,2 persen dalam kategori “top of mind”.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menyampaikan hasil survei tersebut secara daring pada hari Minggu. Dalam simulasi terbuka (top of mind), mantan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menempati posisi kedua dengan elektabilitas 15,1 persen. Sementara itu, nama-nama lain yang sering disebutkan sebagai calon gubernur Sumatera Utara berada di bawah 10 persen, termasuk Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (Ijeck) yang meraih 4 persen dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan 3,3 persen.

“Dalam simulasi semi-terbuka yang melibatkan 23 nama, Bobby Nasution tetap unggul dengan 41,2 persen, diikuti oleh Edy Rahmayadi dengan 21,1 persen,” kata Djayadi Hanan. Ahok dan Ijeck masing-masing menempati posisi ketiga dan keempat dengan elektabilitas 7,3 persen dan 5,8 persen.

Djayadi juga menjelaskan bahwa tren elektabilitas ini konsisten dalam berbagai simulasi, baik dalam skenario 10 nama hingga dua nama. 

“Pengerucutan ini menunjukkan bahwa pertarungan tampaknya masih didominasi oleh dua nama, yaitu Bobby Afif Nasution dan Edy Rahmayadi. Nama-nama lainnya masih di bawah 10 persen,” tambahnya.

Survei LSI melibatkan 800 responden dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan margin of error sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden survei adalah warga negara Indonesia di Provinsi Sumatera Utara yang memiliki hak pilih, yaitu mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Dengan hasil ini, Bobby Nasution semakin mengukuhkan posisinya sebagai kandidat terkuat dalam Pilkada Sumatera Utara mendatang. Dukungan yang kuat dari masyarakat diharapkan dapat mendorongnya untuk terus mengedepankan program-program yang pro-rakyat dan berkelanjutan. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version