Connect with us

Nusantara

BMKG Peringatkan Hujan Lebat di 21 Provinsi, Masyarakat Diharapkan Waspada

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang diperkirakan akan mengguyur 21 provinsi pada Selasa. Informasi ini disampaikan melalui laman resmi BMKG pada Selasa pagi.

Provinsi-provinsi yang diprediksi akan mengalami hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan masyarakat akan potensi hujan disertai petir dan kilat di beberapa daerah, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Tidak hanya itu, peringatan juga dikeluarkan mengenai kemungkinan dampak hujan seperti banjir yang dapat melanda wilayah-wilayah tertentu, termasuk Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga menyoroti potensi angin kencang yang mungkin terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.

Masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang dapat terjadi sewaktu-waktu. BMKG mengimbau agar warga terus memantau informasi terkini dari sumber resmi untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan guna menghindari risiko dan dampak buruk dari kondisi cuaca tersebut. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version