Connect with us

Olahraga

Uruguay Lolos ke Perempat Final Copa America 2024 Usai Kalahkan Tuan Rumah AS 1-0

Published

on

AKTUALITAS.ID – Tim nasional sepak bola Uruguay berhasil menghentikan langkah Amerika Serikat (AS) dan melaju ke babak delapan besar Copa America 2024. Kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah dalam pertandingan terakhir grup C di Stadion Arrowhead, AS, pada Selasa pagi WIB memastikan langkah mereka ke fase selanjutnya.

Gol tunggal dalam pertandingan ini dicetak oleh bek kiri, Mathias Olivera, pada menit ke-66. Olivera memanfaatkan bola muntah hasil tandukan Manuel Ugarte untuk mencetak gol yang memastikan kemenangan bagi Uruguay.

Pelatih Uruguay, Marcelo Bielsa, menurunkan formasi terbaiknya dengan Sergio Rochet sebagai penjaga gawang, dan para pemain andalan seperti Nahitan Nandez, Ronald Araujo, Mathias Olivera, M. Vina, Manuel Ugarte, Federico Valverde (kapten), Facundo Pellistri, Nicolas De La Cruz, Maximiliano Araujo, dan Darwin Nunez. Di sisi lain, tim AS yang dipimpin oleh Gregg Berhalter, menampilkan Matt Turner di bawah mistar, bersama Joe Scally, Chris Richards, Tim Ream, Antonee Robinson, Tyler Adams, Weston McKennie, Yunus Musah, Folarin Balogun, Giovanni Reyna, dan Christian Pulisic (kapten).

Pertandingan berlangsung sengit sejak awal, dengan banyak pelanggaran terjadi di kedua belah pihak. Kartu kuning pertama diberikan kepada Tyler Adams pada menit ke-16 setelah melanggar Araujo. Intensitas tinggi terus berlanjut, dengan Maximiliano Araujo terpaksa digantikan oleh Christian Olivera pada menit ke-27 setelah berbenturan dengan Tim Ream.

Satu menit kemudian, giliran Balogun yang berbenturan dengan kiper Uruguay, Sergio Rochet, saat mencoba menyepak bola hasil serangan balik. Wasit Kevin Ortega asal Peru pun mengeluarkan kartu kuning untuk Chris Richards setelah menekel pemain Uruguay.

Meski kedua tim saling menyerang, mereka hanya mencatat satu attempts on target masing-masing pada babak pertama. Pergantian pemain dilakukan AS pada menit ke-40 dengan memasukkan Ricardo Pepi menggantikan Folarin Balogun, namun skor tetap 0-0 hingga turun minum.

Babak kedua diawali dengan tempo permainan yang lebih tinggi. Valverde sempat melakukan cannon ball dari luar kotak penalti pada menit ke-52, namun sepakannya melenceng jauh dari gawang yang dikawal Matt Turner. Gol yang dinanti-nantikan akhirnya tercipta pada menit ke-66 oleh Mathias Olivera, memanfaatkan bola muntah hasil tandukan Manuel Ugarte.

Kedua tim melakukan beberapa pergantian pemain untuk mengubah jalannya pertandingan. Uruguay mengganti Matias Vina dan De La Cruz dengan Jose Gimenez dan Rodrigo Bentancur, sementara AS memasukkan Haji Wright dan Josh Sargent menggantikan Yunus Musah dan Joe Scally. Uruguay semakin gencar menyerang dengan memasukkan Luis Suarez dan Sebastian Caceres menggantikan Darwin Nunez dan Manuel Ugarte, namun gol tambahan tak kunjung tercipta.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Uruguay. Statistik menunjukkan penguasaan bola seimbang, masing-masing 50 persen, dan total pelanggaran berjumlah 12 untuk kedua tim. Total attempts on target tercatat tiga untuk AS dan empat bagi Uruguay.

Dengan kemenangan ini, Uruguay memastikan diri lolos ke babak perempat final Copa America 2024, sementara AS harus mengakhiri perjalanannya di turnamen ini. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version