Connect with us

POLITIK

Survei SMRC: Anies Unggul di Kalangan Pemilih PKS, Nasdem, dan PKB

Published

on

Anies Baswedan. (Dok: ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru mengenai potensi calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 8-12 Agustus 2024, Anies Baswedan menunjukkan dominasi yang signifikan di kalangan pemilih dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani, mengungkapkan bahwa Anies mendapatkan dukungan mayoritas dari pemilih ketiga partai tersebut. Di antara pemilih PKS, Anies memperoleh dukungan sebesar 94 persen, sedangkan Ridwan Kamil (RK) hanya meraih 5 persen. Dukungan serupa terlihat pada pemilih Nasdem dengan Anies meraih 76 persen, jauh di atas RK yang mendapatkan 22 persen. Di kalangan pemilih PKB, Anies juga unggul dengan 73 persen dibandingkan RK yang hanya memperoleh 17 persen.

Namun, Ridwan Kamil menunjukkan kekuatan di kalangan pemilih dari partai lain. RK unggul di kalangan pemilih PSI dengan 93 persen, Gerindra 71 persen, dan Golkar 52 persen. Pemilih Demokrat terbelah antara Anies (46 persen) dan RK (43 persen), sedangkan di antara pemilih PDI Perjuangan, 53 persen belum memutuskan pilihan mereka, sementara RK mendapat 39 persen dan Anies hanya 8 persen.

Survei SMRC juga mencatat variasi dukungan berdasarkan demografi. Anies unggul di kalangan pemilih laki-laki, generasi Z, mereka dengan pendidikan SD dan perguruan tinggi, muslim, etnis Betawi, serta pekerja kerah biru. Sebaliknya, RK lebih unggul di kalangan etnis Sunda dan ibu rumah tangga. Persaingan ketat terjadi di kelompok pemilih perempuan, generasi boomer (lansia), pendidikan SLTA, dan pekerja kerah putih.

Survei ini menggunakan metode double sampling dengan jumlah sampel sebanyak 500 responden yang dipilih secara acak dan mewakili pemilih Jakarta. Dengan margin of error sebesar 4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, hasil survei ini memberikan gambaran penting mengenai dinamika dukungan calon gubernur menjelang Pilkada Jakarta.

Ridwan Kamil kemungkinan akan diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, dan PSI dalam Pilkada mendatang. (KAISAR/RAFI)

Trending

Exit mobile version