Connect with us

POLITIK

Mahfud MD: Silahkan Bagi-bagi Kue Namun Sesuai Koridor

Published

on

Mahfud MD. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengingatkan para pimpinan partai politik (parpol) dan anggota DPR, perihal putusan MK terkait Undang-Undang (UU) Pilkada yang dinilai mengakali keputusan MK. Ia menjelaskan putusan MK adalah tafsir resmi konstitusi yang setingkat UU.

“Berpolitik dan bersiasat untuk mendapat bagian dalam kekuasaan itu boleh, dan itu memang bagian dari tujuan kita membangun negara merdeka. Tetapi ada prinsip demokrasi dan konstitusi yang mengatur permainan politik,” tulis Mahfud melalui akun X pribadinya @mohmahfudmd, Kamis (22/8/2024).

Menurutnya, akan sangat berbahaya bagi masa depan Indonesia, jika DPR bertindak melalui demokrasi prosedural. Begitu juga konspirasi saling adu jumlah kekuatan dengan koalisi taktis.

Mantan calon wakil presiden 2024 itu mengatakan siapa saja berhak mengambil sekaligus membagi-bagikan kekuasaan, namun tetap harus sesuai konstitusi. Karena itu dirinya berharap pimpinan parpol dan anggota DPR tetap berada dalam koridor konstitusi agar Indonesia selamat.

“Silakan ambil dan bagi-bagi kue kekuasaan. Sesuai konstitusi Anda berhak melakukan dan mendapat itu. Tetapi tetaplah dalam koridor konstitusi agar Indonesia selamat. Berbuatlah tapi ‘Jangan pernah lelah mencintai Indonesia’,” tandasnya.

Yth. Pimpinan Parpol dan para anggota DPR.
Putusan MK adalah tafsir resmi konstitusi yang setingkat UU. Berpolitik dan bersiasat utk mendapat bagian dalam kekuasaan itu boleh dan itu memang bagian dari tujuan kita membangun negara merdeka.

Tetapi ada prinsip demokrasi dan konstitusi yang mengatur permainan politik. Adalah sangat berbahaya bagi masa depan Indonesia jika melalui demokrasi prosedural (konspirasi dgn menang-menangan jumlah kekuatan hanya dengan koalisi taktis) siapa pun
merebut kue-kue kekuasaan dengan melanggar konstitusi.

Silahkan ambil dan bagi-bagi kue kekuasaan. Sesuai konstitusi Anda berhak melakukan dan mendapat itu. Tetapi tetaplah dalam koridor konstitusi agar Indonesia selamat. Berbuatlah tapi “Jangan pernah lelah mencintai Indonesia”.

Silahkan ambil dan bagi-bagi kue kekuasaan. Sesuai konstitusi Anda berhak melakukan dan mendapat itu. Tetapi tetaplah dalam koridor konstitusi agar Indonesia selamat. Berbuatlah tapi “Jangan pernah lelah mencintai Indonesia”. (Enal)

Mahfud MD (@mohmahfudmd)

Trending

Exit mobile version