Survey LSI: Rizieq Bukan Lagi Ulama Paling Berpengaruh di Pilpres 2019


Rizieq, habib, fpi,
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab berada diposisi paling buncit diantara lima ulama yang didengar himbauannya dalam Pilpres 2019. Rizieq kalah dibandingkan Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, dan Ustaz Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym, dalam survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada 10-19 Oktober 2018.

Peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman membeberkan, ada beberapa alasan yang membuat himbauan Rizieq terkait Pilpres kalah dibandingkan ulama lain. Satu diantaranya karena pria kelahiran Tanah Abang itu pernah tersangkut kasus hukum.

“Dicitrakan berkasus hukum,” kata Ikrama ditemui di Kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Selain itu, faktor Rizieq yang tinggal di Arab Saudi turut mempengaruhi. Tercatat lebih dari setahun, Rizieq tak bertatap muka langsung dengan umat di Indonesia.

“Sejak ke Arab Saudi dalam waktu yang lama, pengaruh Habib Rizieq Syihab berkurang signifikan,” ungkap Ikrama.

Dalam hasil Survei LSI Denny JA, posisi pertama ulama paling didengar himbauannya yakni Ustaz Abdul Somad. Dari 82,5 persen responden yang suka kepada Ustaz Somad, sebanyak 30,2 persen mendengarkan himbauan ustaz sejuta folllowers tersebut.

Bercokol pada posisi kedua ulama yang didengar himbauannya yakni Ustaz Arifin Ilham. Dari 84,5 responden yang menyatakan suka Ustaz Arifin, sebanyak 25,9 persen mendengar himbauan pria kelahiran Banjarmasin itu.

Setelah itu, ada Ustaz Yusuf Mansur. Dari 84,9 persen yang menyatakan suka kepada Ustaz Mansur, sebanyak 24,9 persen menyatakan mendengar himbauannya.

Selanjutnya, Aa Gym menuai angka kesukaan responden sebesar 79,7 persen. Dari angka kesukaan itu, sebanyak 23,5 persen mendengar himbauan Aa Gym.

Ulama kelima yang kuat pengaruhnya adalah Habib Rizieq Shihab. Rizieq disukai 52,9 persen. Dari responden yang suka, sebesar 17,0 persen menyatakan bahwa mereka mendengar himbauan dari Habib Rizieq.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>