Tommy Tjokro Tegaskan Netralitas di Debat Kedua


Ilustrasi (Kiki Budi Hartawan)

AKTUALITAS.ID – Jurnalis senior Tommy Tjokro, menegaskan komitmen untuk menjaga netralitas dalam memimpin jalannya debat kedua pilpres pada 17 Februari mendatang. Tommy mengaku senang dan bersyukur bisa menjadi moderator debat nanti.

Ia sudah menyampaikan kepada KPU bahwa bersedia mengemban tugas sebagai moderator debat kedua. “Kesannya yang pasti senang. Karena tentu ini berdasarkan pengajuan dari rekan-rekan di MNC Media dan Alhamdulillah setelah melalui rapat, kedua timses paslon juga menyetujui dan akhirnya diresmikan oleh KPU. Jadi saya bersyukur dengan mandat ini,” jelas Tommy ketika dihubungi wartawan, Jumat (25/1) malam.

Tommy juga menyatakan siap menjaga netralitas dan independensi sebagaimana syarat menjadi seorang moderator.

“Kalau bagi saya independensi, terutama jurnalis itu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena memang idealnya kami memang harus independen. Apalagi ini tidak ada hubungannya dengan pilihan  politik tapi lebih ke profesionalisme kami sebagai jurnalis dan moderator. Apalagi aturan mainnya sudah jelas nantinya,” paparnya.

Karena itu, dia menilai tugas dari moderator debat pilpres yakni mempersiapkan diri agar bisa memandu acara debat sehingga informasi yang disampaikan para calon presiden (capres) bisa mencerahkan masyarakat.

“Kami juga setidaknya memiliki tanggung jawab agar debat nanti berjalan lancar dan informatif,” lanjut pria yang pernah menjadi moderator debat Pilgub Jawa Tengah 2018 itu.

Lebih lanjut Tommy menuturkan sudah mulai mempersiapkan penampilan untuk menjadi moderator. Sebab, rekan satu kantornya, Anisha Dasuki, juga menjadi moderator untuk debat kedua nanti.

“Kalau sekarang ya lebih konsentrasi ke kontennya dulu.  Nanti setelah itu saya dan Anisa lebih banyak bertemu untuk memantapkan chemistry. Kemudian nanti lanjutannya pasti ada rapat dengan KPU juga terutama dengan penyesuaiaan aturan2 dalam debat kedua ini,” tambah Tommy.

Sebagaimana diketahui, debat kedua pilpres dijadwalkan akan digelar di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada 17 Februari 2019. Debat kedua nanti merupakan debat antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Dalam debat kedua, ada sejumlah tema yang akan dibahas yakni energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>