Debat Cawapres Malam Ini, Jokowi Sebut Gibran Sudah Minta Doa Restu 


Presiden Joko Widodo (Dok. Setpres)

AKTUALITAS.ID – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo atau Jokowi mengatakan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 telah meminta doa restu untuk debat cawapres perdana yang digelar Jumat (22/12/2023), malam ini. 

“Sudah, biasa saja dia,” singkat Jokowi kepada awak media usai menghadiri seminar nasional perekonomian outlook Indonesia bertema “Optimisme Penguatan Ekonomi Nasional di Tengah Dinamika Global” di St Regis Hotel, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat.

Jokowi menyebut tak ada wejangan yang diberikan darinya kepada Gibran. Menurut Jokowi, itu hanya acara debat saja. 

“Enggak [beri wejangan ke Gibran], wejangan apa sih, debat ya debat gitu saja. Ya mau debat ya silahkan debat,” kata dia. Jokowi pun menyebut dia bakal menonton debat cawapres nanti malam di kediamannya. “Nontonnya? Nontonnya ya di rumah. Ya bisa di Jakarta, bisa di Bogor, bisa di Solo,” ujar dia.

Jokowi berharap debat cawapres perdana nanti malam dapat berlangsung ramai. “Ya harapannya debatnya ramai,” tutup Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko menegaskan pihaknya tidak terlalu khawatir dengan debat cawapres besok. Pasalnya, tema-tema debat cawapres merupakan makanan harian dari calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, seperti ekonomi, keuangan, hingga pengelolaan APBD.

“Kalau kami sendiri tidak terlalu cemas karena kebetulan tema debatnya adalah tentang perpajakan, keuangan, ekonomi digital, investasi, APBN, APBD. Itu makanan sehari-harinya Mas Gibran, itu sarapan paginya Mas Gibran, itu makan siangnya Mas Gibran, itu makan malamnya Mas Gibran,” ujar Budiman kepada wartawan, Kamis (21/12).

“Jadi, saya kira cara kerja, cara berpikir yang jadi tema debat kedua atau cawapres ini sangat Gibran banget-lah temanya,” kata dia menambahkan.

Budiman mengungkapkan Gibran memiliki pengalaman memimpin Kota Solo. Karena itu, kata dia, Gibran akan membawa hasil kerjanya di Solo untuk dapat dilaksanakan dalam skala nasional dalam debat besok.

“Bagi kami, Mas Gibran punya pengalaman untuk itu, memang baru skala Solo. Tugas kami, dewan pakar, memberikan proyeksi nasional bahwa apa kinerjanya di Solo bisa diproyeksikan ke tingkat nasional,” tandas dia.

Diketahui, debat cawapres ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center pada Jumat (22/12/2023), mulai Pukul 19.00 WIB. Debat kedua merupakan debat antara cawapres, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Debat kedua ini mengangkat tema terkait ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Debat akan dipandu oleh 2 moderator, Alfito Deannova Ginting dan Liviana Cherlisa. Sementara, materi debat sedang digodok oleh 11 panelis yang sudah ditetapkan KPU. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>