Diskusi Kembali ke Orde Baru, Pengamat: Akalnya Sedang Sakit


AKTUALITAS.ID – Pengamat Politik Fadjroel Rachman menilai kelompok yang mengajak kembali ke masa orde baru akalnya sedang sakit.

“Kalau ada orang yang mengajak kembali ke orde baru, maka otaknya sedang tidak sehat,” kata Fadjroel dalam diskusi publik bertemakan “Bernegara dengan Akal Sehat Antara Fakta dan Propaganda”, di Megawati Institute, Jakarta, Selasa, (5/3/2019).

Fadjroel mengakui, ideologi Pancasila adalah peninggalan dari Orde Baru. Namun, dia menambahkan saat ini ideologi tersebut berhadapan dengan ideologi pendatang dari Timur Tengah yang lebih suka melakukan propaganda dengan berbagai cara.

“Demokrasi Pancasila sedang menghadapi ideologi pendatang, yang sialnya dari timur tengah yang lebih suka melakukan propaganda dengan berbagai cara,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia berharap, ideologi Pancasila yang semakin dewasa ini semakin terbuka terhadap perbedaan yang ada.

“Saya berharap ideologi ini menjadi terbuka. Terbuka terhadap perbedaan suku, agama, budaya,” tuturnya.

Fadjroel pun menegaskan, dirinya tidak akan mau kembali ke masa Orde Baru. Dia menceritakan pengalamannya yang begitu kelam pada masa itu.

“Gila saja kalau ada yang mengatakan kalau saya mau kembali ke Orde Baru. Saya satu tahun dipenjara oleh rezim itu, tidur dipenjara beralasan koran,” pungkasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>