Mantan Menkes : Jokowi dan Prabowo Sama-sama tak Serius Tekan Angka Perokok


Mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. aktualitas.id/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menilai, mengatakan pasangan Jokowi- Ma’aruf dan Prabowo – Sandi belum mempunyai komitmen yang kuat untuk menekan perokok di Indonesia.Hal tersebut terlihat dari tak adanya visi misi yang menyinggung terkait cukai rokok.

Menurut Nafsiah, saat ini belum ada pengendalian tembakau yang komprehensif dan intensif secara pasti.

“Kalau kita lihat dalam studi ini juga bahwa jumlah perokok di semua provinsi san saya ulangi, semua provinsi mengingkat termasuk usia 15-19 tahun meingkat disemua Provinsi. Jadi itu adalah sudah merampas hak anak untuk hidup sehat,” kata Nafasiah saat acara diskusi ‘Polemik MNC Trijaya’ Menakar Visi Kesehatan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3/2019).

Mantan Menteri Kesehatan tersebut menjelaskan, jika kedua kontestan yang maju di Pilpres 2019 tak memperhatikan, maka jumlah perokok akan terus meningkat dari waktu ke waktu terlepas siapapun presidennya.

“Misalnya beban penyakit 2017 dan dilengkapi dengan Riskesdas 2018, penyakit kanker dan stroke penyakit jatung gagl ginjal meningkat di semua Provinsi,” paparnya.

Ia sendiri curiga, ada konflik kepentingan sehingga pemerintah tak berani menaikan cukai rokok.

“Kalau saya mlihat pemerintah yang tidak memeperhatikan pengendalian rokok pengendalian tembakau itu ibarat tangan kanan memberi makan industri rokok tangan kiri merampas hak rakyat. Termasuk hak anak untuk hidup sehat dan sejahtera,” jelas Nafsiah yang mengenakan baju hijau ini [Jose Tarigan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>