Kaisar Akihito Jalani Ritual Turun Takhta


Prosesi Kaisar Akihito Jalani Ritual Turun Takhta.(Reuters /Kim Kyung-Hoon & Japan Today)

AKTUALITAS.ID – Kaisar Jepang Akihito menjalani ritual turun takhta. Ritual ini digelar di sebuah kuil Shinto, Selasa, 30 April 2019 waktu setempat.

Ritual yang jarang sekali terjadi ini disaksikan masyarakat Jepang untuk mengenang akhir masa pemerintahan Kaisar Akihito.

Dilansir dari kantor berita Japan Today, Kaisar Akihiro yang berusia 85 tahun itu tampak menggunakan jubah tradisional ketika memasuki Kuil utama Kashikodokoro untuk melaksanakan ritual pengunduran dirinya kepada para Dewa.

Kuil itu merupakan kediaman Dewi Amaterasu yang konon katanya adalah leluhur langsung keluarga kekaisaran Jepang.

Kaisar Akihito Menjalani Ritual Pengunduran Diri (Reuters /Kim Kyung-Hoon & Japan Today)

Upacara Istana akan dimulai pada pukul 17.00 waktu setempat. Usai menjalani ritual, Kaisar Akihito akan memberikan pidato terakhir kepada publik.

Sebelum Kaisar Akihito memberikan pidato terakhirnya, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, akan mewakili masyarakat Jepang untuk berpidato dan berterima kasih kepada Kaisar. Kaisar Akihito kemudian akan mengumumkan pengunduran dirinya di hadapan anggota keluarga kerajaan dan pejabat tinggi pemerintah lainnya.

Diketahui pemerintahan Kaisar Akihito masih berlangsung hingga tengah malam ini sampai Putra Mahkota Naruhito menjadi kaisar baru dan zaman barunya dimulai.

Lebih lanjut, Putra Mahkota Naruhito akan naik tahta Krisan pada Rabu 1 Mei 2019. Putra Mahkota Naruhito akan mewarisi simbol kerajaan yang berupa pedang dan batu permata yang disimpan oleh Kekaisaran dan sebagai bukti diteruskannya kaisar ke-126 di negara monarki tertua di dunia. [Yogo].