Sulit Tidur Malam Hari? Coba Lima Makanan Ini


AKTUALITAS.ID – Menikmati tidur malam yang baik sangat penting untuk kesehatan bagi keseluruhan seseorang, dan bahkan membantu menjaga stabilitas mental, menjaga tingkat produktivitas tetap tinggi, dan menurunkan tingkat stres. Tetapi gaya hidup yang tidak sehat hari ini, budaya kerja yang penuh tekanan, jadwal yang sibuk, dan masalah emosional berkontribusi pada pola tidur yang tidak sehat, yang dapat menjadi sangat sulit untuk diatasi.

Untungnya, ada beberapa makanan yang bisa membantu kamu agar bisa tidur lebih nyenyak. Makanan-makanan ini membantu dalam produksi hormon seperti melatonin dan kortisol yang bertanggung jawab untuk menentukan kebiasaan dan pola tidur tubuh.

Jadi, konsumsi lima makanan ini dan ucapkan salam tidur yang nyenyak!

1. Kacang almond

Almond kaya akan magnesium dan kalsium yang membantu mengendurkan otak dan otot-otot tubuh. Selain rendah gula, almond juga merupakan pilihan camilan yang sangat baik. Mengkonsumsi satu ons almond setiap hari dapat membantu mengatur pola tidur, karena membantu menyediakan melatonin dosis tinggi, memperbaiki pengaturan waktu tidur dan bangun.

2. Susu hangat

Kamu pasti sudah tahu bahwa susu hangat bisa membantu mengatasi masalah tidumu. Yaa, susu telah menjadi obat tradisional untuk insomnia. Ini mengandung vitamin D, kalsium, dan membantu dalam produksi melatonin. Susu adalah minuman bergizi dengan 7,99 gram protein, dan banyak orang secara teratur mengonsumsi susu sebelum tidur. Minum segelas susu hangat setiap hari membantu mengendurkan pikiran dan tubuh dan meningkatkan tidur.

2. Teh kamomil

Ads Aktualitas

Ramuan kamomil adalah obat alami untuk tidur nyenyak, karena mengandung senyawa yang disebut apigenin yang memiliki sifat merangsang tidur. Menghirup secangkir teh chamomile yang diseduh bisa sangat membantu. Selain itu, kamomil juga dapat menambah tingkat kekebalan dan menjaga kesehatan tetap terjaga.

3. Keju

Keju cottage adalah protein tanpa lemak yang dikemas dengan banyak asam amino triptofan, senyawa yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah zat kimia yang dilepaskan oleh otak untuk melawan stres, insomnia, relaksasi, dan memicu tidur. Menambahkan keju cottage ke camilan malam atau makan malammu bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hidup sehat dengan tidur yang nyenyak.

4. Buah-buahan

Buah-buahan, yang merupakan sumber alami vitamin dan mineral, juga kaya akan melatonin dan dapat menambah pola tidur yang sehat. Konsumsilah buah-buahan seperti raspberry, ceri tart, pisang, nanas, dan jeruk karena ini kaya akan melatonin, dan siapkan tubuh untuk tidur. Buah-buahan yang kaya antioksidan seperti prem, kismis, beri, dan prem sangat bagus untuk melawan stres dan membantu tubuh rileks. Mengkonsumsi mereka kapan saja di siang hari dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk tidur nyenyak.

Selain itu, berolahraga secara teratur, makan makanan sehat dan menjalani kehidupan yang rendah stres adalah cara sempurna untuk memiliki pola tidur yang sehat. Namun, jika kamu telah berjuang untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, maka cobalah makan makanan yang kami sarankan dan katakan selamat tinggal kepada insomnia!

Ads Aktualitas