Connect with us

Berita

Cegah Penyebaran Corona, Bupati Cellica Larang Orang Asing Masuk ke Karawang

AKTUALITAS.ID – Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menetapkan kebijakan melarang orang asing keluar masuk ke Karawang. Kebijakan yang berlaku satu bulan sejak besok itu untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. “Melalui keputusan ini, kita melarang sementara para ekspatriat (orang asing) yang mau masuk dan mau keluar Karawang,” kata Cellica di hadapan puluhan manajemen kawasan industri di di […]

Published

on

AKTUALITAS.ID – Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menetapkan kebijakan melarang orang asing keluar masuk ke Karawang. Kebijakan yang berlaku satu bulan sejak besok itu untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

“Melalui keputusan ini, kita melarang sementara para ekspatriat (orang asing) yang mau masuk dan mau keluar Karawang,” kata Cellica di hadapan puluhan manajemen kawasan industri di di ruang pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Kabupaten Karawang, Senin (16/3/2020).

Cellica menuturkan, Karawang merupakan daerah industri yang banyak didatangi pekerja asing. Ia khawatir, tenaga kerja asing yang kerap hilir mudik membawa virus covid-19 ke pabrik di kawasan industri.

Ia juga khawatir ribuan buruh dapat terpapar dan membawa virus ke rumah dan keluarga mereka. “jadi kita tidak mau kecolongan. Jika dibiarkan (tersebar) justru akan merugikan wilayah industri dan Karawang,” katanya.

Sejumlah pihak sebetulnya telah memeriksa setiap orang asing saat tiba di bandara. Namun, kata Cellica tak sedikit tenaga kerja asing yang tidak melaporkan kondisi kesehatannya kepada pemerintah daerah.

“Maka untuk berjaga-jaga. Semua tenaga kerja asing jangan kontak dengan di wilayah pabrik mereka bekerja. Mereka harus memberikan laporan dan melakukan isolasi untuk dirinya sendiri sebelum masuk pabrik,” ucapnya.

Cellica bahkan menunda sejumlah agenda kunjungan pengusaha Jepang kepada sejumlah perusahaan di Karawang. “Kita minta kunjungan tersebut ditunda,” kata Cellica.

Trending

Exit mobile version