Melalui Kriyanusa 2023, Pertamina Coba Dorong UMKM untuk Tembus Pasar Global


AKTUALITAS.ID – PT Pertamina (Persero) mencoba untuk terus mendorong para pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya agar naik kelas.

Pertamina bertekad membantu UMKM binaannya untuk sukses menembus pasar global.

Salah satu cara untuk mewujudkan tersebut, yakni dengan melibatkan melibatkan tiga UMKM unggulan dalam pameran nasional Kriya Nusantara (Kriyanusa) 2023,

Kriyanusa 2023 sendiri berlangsung di Jakarta Convention Center, pada 13-17 September 2023.

Acara ini menjadi ajang strategis dalam mempromosikan produk-produk kriya dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, Kriyanusa 2023 juga menjadi bagian dari strategi untuk meningkatkan minat pasar terhadap kerajinan daerah.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan ini adalah wujud komitmen pihaknya dalam mendukung UMKM di Indonesia.

“Partisipasi Pertamina dalam acara Kriyanusa 2023 adalah wujud komitmen kami dalam mendukung dan mengembangkan UMKM,” kata Fadjar.

“Kriya merupakan salah satu ajang kerajinan tradisional Indonesia, yang memiliki potensi pengembangan pasar nasional dan konsumen internasional,” imbuhnya.

Pertamina sendiri memiliki program pembinaan dan pendampingan guna membantu UMKM go global.

Beberapa di antaranya adalah lewat pameran sebagai program pembinaan rutin, mengingat pameran bisa menjadi media promosi bagi UMKM.

Fitri Designs Jewellery yang merupakan salah satu UMKM binaan Pertamina sudah membuktikan diri berhasil menembus pasar global.

UMKM yang dimiliki oleh Yuni Rahma Fitri ini berhasil menembus pasar Jepang, Denmark, dan Malaysia. Yuni berharap Kriyanusa 2023 bisa menjadi pintu bagi para pelanggan baru.

“Keikutsertaan kami dalam pameran ini, diharapkan dapat menarik pelanggan baru,” ujar Yuni. “Sehingga bisa membuka peluang pasar yang lebih luas,” tandasnya. (Red)