Ratusan Ribu Orang Tercatat Kunjungi Flona Jakarta 2023


AKTUALITAS.ID – Jumlah pengunjung pameran Flona Jakarta 2023 yang dilaksanakan di Taman Lapangan Banteng Jakarta Pusat mengalami kenaikan dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

Dinas Kehutanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mencatat, total pengunjung Flona Jakarta 2023 sekitar 300.000 orang.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Bayu Meghantara mengatakan, rata-rata pengunjung harian pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu) yakni 25.000 pengunjung per hari dan 5.000 pengunjung pada hari biasa.

Dia menjelaskan, kebanyakan dari pengunjung Flona mengawali dengan mendatangi stan instansi yang kemudian dilanjutkan berbelanja di stan bursa.

“128 stan Flora dan Fauna terdiri dari pelaku kewirausahaan di bidang pertamanan dan hutan kota antara lain, stan tanaman hias, tanaman buah, satwa peliharaan dan tanaman obat serta stan makanan dan minuman,” ujar Bayu, Selasa (17/10).

Bayu menyampaikan, ruang komunitas dihadirkan sebagai bentuk sinergi dengan masyarakat menampilkan inovasi dan kreativitas mereka seperti, workshop dan instalasi seni maupun beragam perlombaan pada setiap akhir pekan berupa acara mingguan.

Beragam kegiatan tersebut adalah seperti lomba Merangkai Hantaran Bunga dan Buah Nuansa Betawi, Rangkaian bunga Nusantara, lomba PKK dan Dharma Wanita dan lomba Produk Ramah Lingkungan serta lomba dari para Komunitas. Kegiatan lain yang sangat bermanfaat adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh IPBI dan PAI.

Untuk diketahui, pameran Flona Jakarta 2023 terlaksana mulai tanggal 15 September sampai 16 Oktober 2023. Tema pada Flona Jakarta 2023 adalah Jakarta Berseri Menuju Indonesia Lestari.

“Di mana Jakarta secara penuh berkomitmen untuk mewujudkan Kota yang berseri, nyaman, menyenangkan, bisa menfasilitasi masyarakatnya, cantik dan ber-estetika dan selalu siap menuju Jakarta yang hijau dan modern sebagai salah satu Kota Global dunia,” kata Bayu.

Peserta Flona Jakarta Tahun 2023 terdiri dari 128 stan flora dan fauna, tujuh stan instansi, dua stan komunitas serta 30 stan kuliner dengan total 167 stan peserta. (Red)