Connect with us

Berita

Indonesia Usulkan Praktik Terbaik Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Forum G20 Brasil

Published

on

AKTUALITAS.ID – Indonesia mengusulkan tiga praktik terbaik dalam program penghapusan kemiskinan ekstrem pada The Global Alliance Against Hunger and Poverty (GAAHP) yang akan digelar pada pertemuan tingkat menteri di Forum G20 Brasil pada 24 Juli 2024 mendatang. 

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono, mengungkapkan bahwa usulan tersebut mencakup sistem konvergensi dan komplementaritas program-program penghapusan kemiskinan ekstrem, penggunaan data P3KE untuk penargetan, serta pengalaman dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). 

“Setiap negara nantinya akan mempromosikan program anti-kemiskinan mereka agar bisa menjadi rujukan bagi negara lain. Usulan Indonesia di antaranya mencakup PKH, bantuan CPP, optimalisasi P3KE, bantuan untuk kerawanan pangan, serta bantuan kewaspadaan pangan dan gizi,” ujar Nunung.

Capaian Indonesia dalam upaya menghapus kemiskinan ekstrem sudah menunjukkan hasil yang positif. Tren penurunan kemiskinan ekstrem terus berlanjut dari tahun ke tahun, menunjukkan bahwa Indonesia berada pada jalur yang tepat. “Indonesia sudah on the track, karena untuk kemiskinan ekstrem kita telah mendapatkan tren yang bagus,” tambah Nunung.

Melalui presentasi capaian tersebut di forum aliansi global, diharapkan lebih banyak negara tertarik untuk belajar dari Indonesia. Pembentukan GAAHP sendiri merupakan inisiatif dari Presidensi Brasil yang melanjutkan langkah dari Presidensi Indonesia dan India. Tujuannya adalah mendukung dan mempercepat upaya menghilangkan kelaparan dan kemiskinan ekstrem sesuai dengan tujuan pertama dan kedua Sustainable Development Goals (SDGs). Forum ini juga bertujuan mengurangi ketidaksetaraan, seperti yang tertuang dalam tujuan kesepuluh SDGs.

Kemenko PMK, sebagai perwakilan yang ditunjuk untuk menjadi Ketua Working Group Hunger and Poverty dalam Kelompok Kerja Sherpa Track Presidensi G20 Brasil Tahun 2024, telah menghadiri The 3rd Meeting of Global Alliance against Hunger and Poverty Task Force di Teresina, Brasil, pada 22-24 Mei 2024. Indonesia mendukung pembentukan GAAHP dan terlibat aktif dalam merumuskan aturan keanggotaan, tata organisasi, serta kesepakatan payung yang tertuang dalam berbagai dokumen penting.

Dengan usulan yang konkret dan capaian yang nyata, Indonesia siap berperan lebih besar dalam forum global untuk memberantas kemiskinan ekstrem dan kelaparan, serta berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan negara-negara lain di dunia. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version