Connect with us

Berita

Palestina Siapkan Rencana Rehabilitasi Komprehensif untuk Jalur Gaza

Published

on

AKTUALITAS.ID – Perdana Menteri Palestina Mohammad Mustafa mengumumkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan rencana rehabilitasi komprehensif untuk Jalur Gaza yang akan diterapkan setelah berakhirnya agresi Israel di daerah tersebut. Pengumuman ini disampaikan dalam peluncuran rapat Platform Investasi Uni Eropa-Palestina keenam pada Kamis (13/6).

Mustafa menegaskan kesiapan Palestina untuk bertanggung jawab penuh atas Gaza setelah tercapainya gencatan senjata dan kesepakatan politik. “Kami sudah menjalankan program reformasi yang penting dan menyeluruh di Palestina,” ujarnya. “Tahap pertama reformasi tersebut telah dijalankan sejak awal saya menjabat sebagai perdana menteri. Kami akan melanjutkan dengan rencana reformasi berikutnya hingga akhir tahun ini dan reformasi tambahan di tahun depan.”

Perdana Menteri juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan Uni Eropa kepada Palestina, terutama karena semakin banyak negara Eropa yang mengakui Palestina sebagai negara. “Kami menghargai tindakan berani yang ditempuh banyak negara anggota Uni Eropa untuk mengakui Negara Palestina, dan kami berharap semakin banyak negara lain mengambil langkah yang sama,” katanya.

Mustafa menjelaskan bahwa pengakuan ini penting dalam upaya Palestina mengatasi tantangan-tantangan utama yang dihadapinya. Tantangan tersebut termasuk agresi Israel ke Jalur Gaza, pemotongan dan pengalihan pemasukan pajak Palestina secara ilegal oleh Israel, serta serangan pemukim Israel di Tepi Barat.

Ia juga menyoroti keputusan Israel baru-baru ini untuk menahan pemasukan pajak Palestina, yang dipungutkan pihak Israel untuk Palestina berdasarkan perjanjian tertulis, sebagai pelanggaran atas kesepakatan yang ada. “Apabila dana tersebut tidak diserahkan kepada kami, berarti kesepakatan yang ada telah dilanggar,” tegas Mustafa.

Oleh karena itu, ia berharap komunitas internasional, khususnya Uni Eropa, dapat memainkan perannya untuk menekan Israel agar mematuhi kesepakatan yang telah ditandatangani. “Kami mengandalkan Uni Eropa dan rekanan lain untuk memberi tekanan politik dan ekonomi supaya Israel mematuhi kesepakatan yang ditandatanganinya,” tambahnya.

Peluncuran rapat tersebut juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Lingkungan Eropa dan Negosiasi Perluasan Uni Eropa Gert-Jan Koopman serta Wakil Presiden Bank Investasi Eropa Gelsomina Vigliotti, yang memberikan dukungan mereka terhadap upaya Palestina.

Dengan langkah-langkah ini, Palestina berharap dapat mencapai stabilitas dan pembangunan berkelanjutan di Jalur Gaza dan wilayah lainnya, di tengah tantangan yang dihadapi dari agresi dan kebijakan Israel. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version