Connect with us

EkBis

Wapres Resmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Tingkatkan Efisiensi Ekonomi di Jabodetabek

Published

on

AKTUALITAS.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (9/7/2024). Dalam sambutannya, Wapres menyatakan bahwa keberadaan jalan tol ini akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan Jabodetabek.

“Jalan tol ini akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini, yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional,” ujar Wapres Ma’ruf Amin di Bogor, Selasa.

Wapres juga mengharapkan peningkatan konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan jaringan jalan tol di Jabodetabek.

Proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2016, akhirnya telah selesai dan siap beroperasi. Jalan tol sepanjang 26,18 kilometer ini dibangun dengan total investasi sebesar Rp10,6 triliun dan merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek.

Peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh Wapres Ma’ruf Amin. “Semoga jalan tol ini membawa percepatan dalam peningkatan konektivitas dan aksesibilitas antarwilayah sehingga pada akhirnya mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional. Akhirnya, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung saya resmikan,” ucap Wapres.

Proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung terbagi atas dua seksi: Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis-Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya-Cibitung. Seksi 2 terbagi dalam Seksi 2A Jatikarya-Cikeas dan Segmen 2B Cikeas-Cibitung. Seksi 1 dan Seksi 2A sudah beroperasi masing-masing sejak 2020 dan 2023, sementara Seksi 2B menjadi seksi terakhir yang akan segera dibuka. Lokasi peresmian hari ini berada di Seksi 2B, yaitu di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400.

Dengan beroperasinya penuh Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, jalan bebas hambatan ini akan tersambung dengan jaringan JORR 2, sehingga semakin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek. (KAISAR/RAFI)

Trending

Exit mobile version