Connect with us

EkBis

Menteri AHY: Pemerintah Percepat Sertifikasi Tanah Melalui Program PTSL di Semarang

Published

on

AKTUALITAS.ID – Pemerintah terus mempercepat penyertifikatan tanah masyarakat melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Program ini telah berjalan di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Tengah. Pada Sabtu (13/07/2024), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hadir di Desa Wonorejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang untuk menyerahkan 100 Sertifikat Tanah Elektronik.

“Dengan program PTSL ini, alhamdulillah kita bersama-sama bisa mencetak Sertifikat Tanah Elektronik lebih mudah, lebih cepat, dan kami yakinkan bahwa pengurusan ini bebas biaya,” ujar Menteri AHY sembari menyerahkan sertifikat tersebut setelah menempuh perjalanan berliku selama satu jam ke Desa Wonorejo.

Menteri AHY menyerahkan sertifikat secara “door to door” untuk menyapa dan berdialog langsung dengan masyarakat. Aspirasi masyarakat yang disampaikan menunjukkan bahwa program PTSL di daerah ini berjalan dengan baik. Ia pun mengimbau masyarakat untuk menjaga sertifikat tanah mereka dengan baik.

“Saya titip pesan, mari kita jaga bersama sertifikat ini. Saya tahu ada yang sudah tinggal dari tahun 80-an, 90-an, sudah puluhan tahun tapi tidak punya sertifikat, itu berbahaya bisa diserobot orang. Jangan sampai diserobot ya Pak, Bu. Dengan sertifikat ini, Bapak/Ibu sekalian sudah punya aset yang harus dijaga baik-baik. Jangan sembarangan meminjamkan sertifikat kepada orang yang tidak berwenang,” tegas Menteri AHY kepada masyarakat yang berkumpul di halaman rumahnya.

Menteri AHY juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Semarang telah mendaftarkan tanah sejumlah 731.578 bidang atau 89,7% dari target. Program PTSL yang dijalankan telah memberikan nilai tambah ekonomi atau “Economic Value Added” sebesar Rp1,58 triliun yang berasal dari Hak Tanggungan (HT), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Penghasilan (PPh), dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Mudah-mudahan semakin bergulir, semakin baik untuk negara, pemerintah, dan tentunya kembali lagi untuk rakyat,” tutur Menteri AHY.

Sebagai informasi, Kementerian ATR/BPN saat ini gencar menerbitkan Sertifikat Tanah Elektronik di seluruh Indonesia sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Secara nasional, per Juli 2024 ini lebih dari 135.000 Sertifikat Tanah Elektronik telah beredar dan akan terus diakselerasi ke depan.

Dalam kunjungan kerjanya, Menteri AHY didampingi oleh Pembina IKAWATI ATR/BPN, sejumlah Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Hadir pula Wakil Bupati Semarang, perwakilan Anggota DPR RI dan DPRD Kabupaten Semarang, serta Forkopimda setempat. (NAUFAL/RAFI)

Trending

Exit mobile version