Connect with us

Jabodetabek

Jalan Juanda Menuju Monas Macet Parah, Imbas Pesta Rakyat HUT Bhayangkara

Published

on

AKTUALITAS.ID – Sepanjang Jalan Juanda menuju Monumen Nasional (Monas) mengalami kemacetan parah mulai siang hingga pukul 18.02 WIB akibat digelarnya Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78. Kondisi ini diperparah dengan parkirnya sejumlah bus rombongan yang hadir dalam acara tersebut di sepanjang ruas jalan, sehingga membuat jalan semakin sempit.

Akibat kemacetan ini, sejumlah warga yang hendak menuju Stasiun Juanda memilih turun dari kendaraan yang mereka tumpangi dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk mengejar jadwal kereta. Salah seorang warga Bekasi, Rafi (38), mengungkapkan terpaksa turun dari ojek pangkalan dan berjalan kaki agar cepat sampai ke stasiun.

“Saya baru balik kerja, mau naik kereta ke arah Bekasi. Biasanya memang naik dari Stasiun Juanda. Karena ini padat banget, macet parah jadinya saya jalan kaki aja turun dari ojek pangkalan, biar cepat naik kereta soalnya mau buru-buru sampai rumah,” ujar Rafi.

Keluhan serupa juga disampaikan Adit (27), warga Bekasi yang hendak pulang ke Kalimalang. Menurutnya, banyaknya bus yang parkir di pinggir jalan menghambat aliran lalu lintas yang seharusnya lancar.

“Dari Jalan Tugu Tani, lewat Sabang juga macet parah. Ini karena banyak yang mau ke Monas dan banyak bus di pinggir jalan, sehingga jalan motor dan mobil kepotong. Banyak motor yang akhirnya lewat trotoar,” jelas Adit.

Polisi sebelumnya telah berjanji untuk mengerahkan sebanyak 2.959 personel gabungan guna mengamankan acara tersebut. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro menjelaskan bahwa personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait akan ditempatkan di sejumlah titik di kawasan Monas untuk melakukan pengamanan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dalam pengamanan Pesta Rakyat Hari Bhayangkara ke-78 di Monas, kami mengerahkan 2.959 personel gabungan,” kata Kombes Susatyo.

Dengan situasi ini, diharapkan para pengguna jalan bisa lebih sabar dan mencari alternatif rute untuk menghindari kemacetan parah di sekitar kawasan Monas. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending