Connect with us

Nasional

Projo Sebut RK Masih Jadi Lawan Tangguh untuk Anies di Pilkada Jakarta

Published

on

AKTUALITAS.ID – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pro Joko Widodo (Projo) menyatakan bahwa Ridwan Kamil (RK) masih menjadi pesaing yang sebanding untuk Anies Baswedan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Jakarta. Pernyataan ini disampaikan oleh Bendahara Umum DPP Projo Panel Barus dalam jumpa pers di Jakarta pada hari Jumat.

“RK telah menunjukkan kinerja yang baik selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023,” ujar Panel Barus. Ia menambahkan bahwa RK dikenal luas sebagai sosok yang moderat dan pemimpin yang ulung. 

“Pengalaman RK di Jawa Barat dan bukti kerja yang cukup bagus selama di Jawa Barat menjadi faktor penting. Banyak warga Jakarta berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya, sehingga RK memiliki daya tarik tersendiri,” tambahnya.

Hingga saat ini, RK belum memutuskan untuk maju mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Sebaliknya, Anies Baswedan telah secara terbuka mengumumkan niatnya untuk ikut dalam kontestasi Pilkada 2024 sebagai calon gubernur.

Pengumuman tersebut dilakukan saat Anies menerima surat rekomendasi dari DPW PKB Jakarta pada 13 Juni 2024. Beberapa partai seperti NasDem dan PKS juga memberi sinyal kuat akan mendukung Anies.

Di sisi lain, Ridwan Kamil yang merupakan kader Partai Golkar, telah menerima surat tugas dari partainya untuk maju di Pilkada Jawa Barat dan Jakarta. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa keputusan akhir mengenai pencalonan Ridwan Kamil akan mempertimbangkan masukan dari partai.

“Pak Ridwan Kamil akan mendengar pertimbangan yang ada, dukungan dari parpol, dan tentu akan ada kesepakatan antar ketua umum,” ujar Airlangga.

Saat ditemui di Jakarta pada 10 Juli 2024, RK menyatakan bahwa dirinya akan mengikuti keputusan partai terkait pencalonannya di Pilkada 2024.

“Hingga malam ini, belum ada keputusan khususnya untuk Jawa Barat dan DKI Jakarta,” kata RK.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemilihan kepala daerah berlangsung serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota, dengan pemungutan suara dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024.

Dengan demikian, persaingan dalam Pilkada 2024 di Jakarta tampaknya akan menjadi ajang yang sangat menarik untuk diikuti, mengingat kedua calon gubernur potensial memiliki rekam jejak dan dukungan yang kuat. (YAN KUSUMA/RAFI)

Trending

Exit mobile version