Connect with us

Nasional

Jokowi Lantik Tiga Wamen Baru, Begini Respons Golkar

Published

on

AKTUALITAS.ID – Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahamd Doli Kurnia tidak ingin berbicara banyak mengenai langkah Presiden Joko Widodo yang melantik tiga wakil menteri (Wamen) baru, yakni Wamen Pertanian, Wamen Keuangan dan Wamen Investasi.

Dari tiga nama yang dilantik, dua diantaranya merupakan kader Partai Gerindra, yakni Wamen Pertanian Sudaryono dan Wamen Keuangan Thomas Djiwandono. Sementara Wamen Investasi diisi oleh Yuliot Tanjung.

Terkait hal itu, Doli menegaskan, penunjukan menteri dan wamen adalah hak prerogatif yang dimiliki presiden. Sehingga, ia tak mau ikut campur soal adanya dua kader Gerindra yang diangkat menjadi Wamen.

“Wamen itu, menteri kabinet, wakil menteri itu kewenangannya pak Presiden,” kata Doli kepada wartawan di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (18/7/2024).

Pelantikan tiga Wamen tersebut dinilai langkah menyiapkan transisi kepemimpinan dari Presiden Jokowi kepada Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Mengingat, Thomas Djiwandono juga merupakan Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran.

Terkait hal itu, Doli juga mengaku tidak tahu persis apakah ada pembahasan mengenai kesiapan transisi pemerintahan dengan pihak Partai Golkar. Jika ada, ia yakin hal tersebut akan dibicarakan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Walaupun terjadi perubahan, terjadi apa ada pembicaraan-pembicaraan antara pak presiden yang sekarang presidennya masih pak Jokowi dengan ketum parpol termasuk kalau dengan Golkar pasti dengan pak Airlangga,” ujarnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo resmi melantik tiga wakil menteri (wamen) baru dalam Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan itu dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Trending

Exit mobile version